Prostat, Bahaya Khas Pria

KOMPAS.com – Di perkirakan, hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat selama hidupnya. Selain mengganggu, masalah ini juga pertanda berakhirnya masa muda karena pada umumnya gangguan ini menyerang pria usia paruh baya.

Kelenjar prostat adalah kumpulan kelenjar di sekitar uretra, saluran yang menghubungkan kandung kemih ke luar. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat dan lincah.

Gejala gangguan prostat adalah kandung kemih terasa selalu penuh, aliran urin semakin sedikit dan terasa sakit ketika buang air kecil serta perasaan bahwa hajat kecil belum tuntas meski telah selesai melakukannya.

Penyebab gangguan prostat ini belum diketahui secara pasti, namun seiring dengan proses penuaan maka menurun juga kadar hormon testosteron. Teori lain menyebutkan bahwa pembengkakan kelenjar prostat disebabkan oleh penurunan frekuensi seksual, selain faktor gaya hidup, obesitas, merokok, serta kurang aktif berolahraga.

Sebagaimana pentingnya Pap-smear dan mamografi sebagai deteksi dini kanker mulut rahim dan payudara pada wanita, pria perlu melakukan deteksi dini terhadap kanker prostat. Jika diketahui pada stadium satu atau dua kemudian dilakukan pengobatan, harapan hidup pasien meningkat 80 persen.

Perubahan pola makan dan gaya hidup diketahui bisa mengurangi dampak penyakit ini. Bagaimana caranya?

– Ejakulasi secara teratur

Hal ini akan menyebabkan saluran pengeluaran tidak tersumbat.

– Menurunkan kolesterol

Dalam tubuh, kolesterol diubah menjadi testoteron. Berdasarkan pengamatan jaringan prostat yang membesar memiliki kandungan kolesterol tinggi sekali.

– Kurangi lemak

Hindari makanan-makanan kaya lemak dan perbanyak sayuran.

– Perbanyak likopen

Porsi makanan yang tinggi likopen, seperti tomat dan produk-produk olahannya, secara signifikan berkaitan dengan risiko kanker prostat yang rendah.

– Berolahraga

Memang, tidak ada olahraga yang spesifik untuk kesehatan prostat. Yang jelas, banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.

– Batasi kafein

Batasi minum minuman yang mengandung kafein karena bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil dan hal ini tidak baik bagi kandung kemih karena membuat seolah-olah sudah penuh padahal belum.

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s