Al quran sangan akrab dengan sain dan tehnologi

Bismillaahirrohmaanirroohiim
Al Qur’an sangat akrab dengan sain dan teknologi , orang yang mempunyai pengetahuan IPTEK luas akan terperangah jika mau membaca Qur’an dengan menggunakan akal dan hati nuraninya.Namun sayang banyak juga orang yang menguasai IPTEK yang menutup hati nuraninya sehingga tidak paham dengan Qur’an walaupun kebenaran ayat Qur’an yang berkaitan dengan IPTEK sudah jelas.

Salah satu yang menarik saya adalah firman Allah dalam surat Al Hadiid ayat 25″..dan kami ciptakan besi padanya ada kekuatan yang dahsyat…”. Bagi orang yang hidup dizaman Rasulullah kekuatan besi itu mungkin hanya digunakan sebagai pedang, tombak, tameng ataupun panah. Mereka tidak paham jika besi itu bisa mengapung dilaut jadi kapal yang besar, atau terbang diangkasa sebagai pesawat terbang.

Sekarang IPTEK membuktikan bahwa didalam besi itu memang ada kekuatan yang dahsyat. Dengan kekuatan medan magnitnya besi membangkitkan tenaga listrik diseluruh dunia dengan daya jutaan megawat. Motor listrik yg memproduksi berbagai produk kebutuhan manusia di pabrik pabrik digerakan dengan tenaga listrik itu. Malam hari seluruh tempat dan bangunan didunia ini diterangi oleh lampu yang menggunakan energi listrik. Nyaris dunia modern akan lumpuh tanpa energi listrik yang sebagian besarnya diproduksi oleh medan magnit dari besi yang dahsyat itu. Inilah salah satu contoh kebenaraan ayat Qur’an yang mengatakan bahwa pada besi itu ada kekuatan yang dahsyat.Kekuatan yang dahsyat itu belum bisa dipahami oleh orang dizaman Rasululllah.

Orang yang menguasai IPTEK dan mau membaca dan membuka hatinya untuk memahami Qur’an akan banyak menemui ayat Qur’an seperti pembahasan ayat tentang besi diatas.
IPTEK sangat membantu kita untuk memahami dan mengagumi kebenaran Al-Qur’an.

Disini sya akan menambahkan sesuatu yang tidak banyak diketahui oleh pembaca.

Inti Bumi, 4000 mil dibawah permukaan terbentuk dari Besi dan Nikel. Ukurannya kira-kira 2-3 kali ukuran Bulan. Inti ini dikelilingi cairan panas Besi yang berputar mengelilinginya, sehingga tercipta “geodinamo” yang dahsyat. Terbentuklah medan elektromagnet Bumi. Namun yang luar biasa, ia juga menciptakan SABUK VAN ALLEN – perisai energi yang sangat kuat dan sangat tebal hingga ketinggian 6000 km diatas Bumi – melindungi penduduk Bumi dari serangan badai kosmis, meteorit dan solar flares atau “ledakkan energi Matahari.”

Tahukah sobat “ledakan energi Matahari” bila sampai ke Bumi, sama saja kita dihujani ribuan bom atom dalam waktu bersamaan. Akibatnya, diperkirakan setengah dari penduduk Bumi musnah seketika. Belum kalau kita berbicara badai kosmis, yang tiap hari bisa terjadi. Bisa dibayangkan?

Dengan demikian fungsi SABUK VAN ALLEN adalah melindungi kita semua penduduk Bumi, hingga kita bisa hidup aman dan nyaman. Ini semua karena ada Besi dan Nikel sebagai Inti Bumi. Itu sebabnya, salah satu alasan, mengapa BESI dijadikan salah satu judul surat dalam al Qur’an – karena vital dalam konteks membangun peradaban manusia di Bumi. Alasan lain yang lebih umum, untuk menunjukkan kebesaran Allah swt dan kebenaran al Qur’an.

Allah swt telah menciptakan atmosfir Bumi dan SABUK VAN ALLEN untuk kepentingan hidup kita semua. Jika tidak ada keduanya, bisa dipastikan tidak akan ada kehidupan di Bumi.

Nah, sekarang kita tahu mengapa al Hadiid dipilih oleh Allah swt sebagai salah satu judul surat dalam Al Qur’an.

catatan dari seorang sahabat

semoga bermanfaat
eris zaebal muttaqien

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Artikel Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s