Inilah Penyebab Sinusitis Kronis

VIVAnews – Penyakit polip atau sinus tidak boleh dianggap enteng. Penderitanya bisa mengalami kesakitan yang luar biasa jika gejalanya sedang muncul. Penyakit tersebut bisa menjadi kronis dan pemicunya ternyata senyawa protein.

Peneliti dari Johns Hopkins University School of Medicine menemukan protein penyebab polip dan sinus menjadi kronis. Protein tersebut adalah vascular endothelial growth factor (VEGF).

Saat gejala sinusitis muncul, akan muncul iritasi dan pembengkakan dalam waktu lama di saluran hidung. Sedangkan polip adalah kondisi pertumbuhan jaringan sinus yang berlebihan dan menutup saluran hidung sehingga menimbulkan kesulitan bernapas. Kondisi tersebut akan menyebabkan rasa nyeri, sakit kepala, dan infeksi jika dibiarkan dalam waktu lama.

“Saat kondisi sinusitis dan polip dalam keadaan kronis, pasien tidak bernapas lewat hidung tetapi lewat mulutnya. Mereka akan mengalami sesak nafas dan wajahnya merah dan terlihat bengkak,” kata dr. Jean Kim, asisten profesor Departments Allergy and Alinical Immunology diJohns Hopkins University School of Medicine, Amerika Serikan Serina, seperti VIVAnews kutip dari MSNBC, Selasa 24 November 2009.

Kim dan penelitinya kemudian menganalisa jaringan sinus pada pasien yang mengalami kondisi kronis. Mereka menyimpulkan bahwa terdapat VEGF, yaitu protein yang merangsang pertumbuhan pembuluh darah yang memicu pertumbuhan sel penyebab polip.

Menurut peneliti, target dari ditemukannya protein tersebut adalah pada perawatan yang akan dilakukan pada pasien, yaitu melalui terapi intensif. Selama ini untuk mengatasi polip, pasien menjalani operasi untuk menghilangkan jaringan sinus yang tumbuh. Terkadang steroid juga diberikan secara oral, untuk mengatasi kesulitan bernapas, tetapi hal tersebut memiliki efek samping yang cukup berbahaya.

“Pada masa yang akan datang kami berharap bisa menciptakan obat yang mengandung zat anti VEGF,” jelas Kim.

• VIVAnews

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s