Ragam Manfaat Sehat Kayu Manis

KAYU manis tidak hanya berguna sebagai penambah aroma makanan tetapi juga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit. Mengonsumsi kayu manis secara rutin dinyatakan bisa mencerahkan dan menyehatkan kulit, meningkatkan daya ingat, mencegah diabetes, serta menurunkan berat badan. Bagaimana proses dan cara penggunaanya? Berikut uraiannya untuk Anda.

Cegah penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Kayu manis mengandung antioksidan yang berfungsi memperbaiki sindrom metabolik (sekelompok faktor risiko, termasuk kelebihan lemak perut, kadar gula darah tinggi, dan hipertensi). Semua faktor ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Kayu manis membantu penggunaan hormon insulin di dalam tubuh dengan lebih efisien. Penelitian menemukan, mengonsumsi kapsul berisi 1, 3 atau 6 gram kayu manis sehari (sekitar 1/4 sendok teh) selama 40 hari terbukti bisa menurunkan kadar glukosa dan trigliserida (lemak dalam darah) hingga 25%, pada pengidap diabetes tipe 2. Selain itu, cara ini bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 27%.

Menjaga memori. Anda bisa menggunakan permen karet yang mengandung kayu manis (cinnamon gum) untuk menjaga kesegaran nafas sekaligus mempertahankan daya ingat. Wheeling Jesuit study menunjukkan, mereka yang mengunyah gum ini mempunyai hasil yang lebih baik saat menjalani tes memori dibandingkan mereka yang mengonsumsi gum dengan rasa lain.

Meredakan gangguan tenggorokan. Tenggorokan Anda gatal dan sakit akibat batuk? Cobalah redakan dengan kayu manis. Caranya, rendamlah kayu manis di dalam air dingin selama beberapa jam, kemudian hisap sedikit demi sedikit. Menurut Lillian M. Beard, MD, penulis buku Salt in Your Sock and Other Tried-and-True Home Remedies, minuman ini mengandung perekat atau getah, serat larut air yang bisa melindungi dan meredakan gangguan tenggorokan.

Kudapan pelangsing. Sedang menurunkan berat badan? Gunakan kayu manis. Berdasarkan hasil studi dari Departemen Pertanian Amerika (U.S. Depart­ment of Agriculture), bumbu satu ini bekerja mengatur perubahan kadar gula darah, dan mencegah peningkatan rasa lapar. Untuk memperkuat diet rendah kalori dan rendah lemak, cobalah taburkan bubuk kayu manis ke dalam makanan Anda. Studi-studi menunjukkan, mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kalori memiliki lemak perut yang lebih sedikit pula.

Menyehatkan kulit kaki. Kandungan antioksidan dalam kayu manis bisa melembutkan kulit kaki yang kusam dan kasar. Berikut tip dari Elizabeth TenHouten, penulis Cooking Well: Beautiful Skin, yang bisa Anda gunakan: campurkan jus dari 5 buah lemon, 1 sendok makan minyak zaitun, 1/4 cangkir susu kental, 1/2 cangkir air, dan 2 sendok makan kayu manis halus. Selanjutnya, rendamlah kaki Anda di dalam campuran ini selama 15 menit. (OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ragam Manfaat Sehat Kayu Manis

  1. Timotius Jaya berkata:

    wah, banyak juga ya khasiat dari kayu manis.
    Thanks buat informasi kesehatan yang sudah dibagikan ini😀

    “bersantai sejenak sambil membaca tulisan yang saya sajikan secara sederhana di rumah blog saya”🙂
    SprucefirNetsphere

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s