Usir Kentut dan Kembung dengan Yoga

JIKA Anda sering menderita perut kembung, kram, dan buang angin setelah makan, cobalah melakukan beberapa gerakan yoga. Yoga bermanfaat meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan dan menstimulasi aktivitas usus yang dikenal dengan gerakan peristaltik. Gerakan ini akan membuat proses pencernaan lebih efisien. Selain itu, yoga juga membuat Anda tenang, yang pada akhirnya akan merilekskan sistem pencernaan Anda. Dengan begitu, sistem pembuangan akan lebih efektif. Cobalah melakukan gerakan yoga berikut setiap hari dengan perut kosong.

Hindari gerakan ini jika Anda menderita hernia atau baru menjalani operasi perut, mengalami peradangan lambung, kondisi hipertiroid, diare, gangguan punggung, sedang hamil atau menstruasi.

Cobra

1. Berbaringlah telungkup dengan kening menyentuh lantai. Satukan kedua kaki Anda. Letakkan tangan di bawah bahu dengan jari-jari direnggangkan. Geser siku dekat ke tubuh Anda. Rilekskan bahu dan tetap pertahankan bahu lebih rendah dan jauh dari telinga sepanjang melakukan posisi ini. Tekan pantat, tulang pinggul dan tulang kemaluan ke lantai.

2. Gunakan otot-otot punggung Anda, angkat bagian atas badan, dimulai dengan kening. kemudian, angkat hidung, leher, bahu, dan terakhir angkat dada Anda.

3. Tekanlah telapak tangan Anda ke lantai untuk mengangkat bagian tengah badan menjauh dari lantai. Bayangkan kalau Anda adalah kobra yang kuat dan lentur. Tarik nafas dalam-dalam, tahan dalam posisi ini selama 3-10 tarikan nafas.

4. Untuk melepaskan, tetap tahan pantat dalam posisi ditekan, saat Anda turun secara perlahan ke lantai. Mulailah dari bagian tengah badan dan akhiri dengan hidung dan kening. Putarlah kepala Anda ke salah satu sisi dan istirahatlah sebentar dengan tenang. Lepaskan segala kecemasan Anda.

Bent Elbow Spinal Twist

1. Duduklah di lantai dengan kedua kaki dipanjangkan di depan Anda. Selama dalam posisi ini, pastikan tulang duduk Anda tegak ke lantai dan pertahankan agar tulang belakang tetap tegak lurus. Jangan membengkokkan punggung. Anda bisa mencegah pembengkokan ini dengan duduk di sisi ujung kursi.

2. Lipat lutut kanan Anda dan letakkan telapak kaki kanan di lantai berdekatan dengan lutut atau paha kiri. Angkat lengan kiri, lipat siku dan tempatkan di dekat lutut kanan yang ditekuk dengan arah telapak kanan menjauhi Anda. Letakkan tangan kanan di lantai di belakang Anda (seperti di gambar).

3. Putarlah badan Anda ke kanan untuk melihat ke belakang, seperti di gambar dan tahan selama 3-10 tarikan nafas. Setiap kali Anda menarik nafas, panjangkan tulang punggung agar lebih tinggi. Setiap kali membuang nafas, putar ke arah kanan sedikit lagi. Bayangkan kalau perut Anda sedang melakukan putaran.

4. Untuk melepaskan, secara perlahan kembalikan posisi badan ke tengah dan panjangkan kedua kaki di depan Anda. Ulangi ke sisi kiri. (OL-08)




Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s