keutamaan umat nabi muhamad

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan olehMuqatil bin hibban .Nabi saw bersabda:

pada malam aku dinaikkan ke langit (malam isro’ dan mi’raj) malaikat jibril membawa aku pergi hingga tiba di suatu tirai yang sangat besar di sidratul muntaha.Lalu malaikat jibril berkata “majulah muhamad”.aku menjawab “tidak,kamu saja yang maju”.malaikat jibril menjawab”Wahai muhamad,tidak boleh seorangpun melewati tempat ini selain engkau.dalam pandangan Allah kamu lebih mulia daripada aku”.Kemudian aku maju sampai pada ranjang yang terbuat dari emas dengan sprei sutera dari surga.Malaikat Jibril a.s lalu memanggilku dari belakang”Whai muhamad,Allah ta’ala akan memuji kamu,maka dengarkanlah dan taatilah serta jangan gentar mendengar suaraNya.Aku lantas mulai memuji Allah dengan mengucapkan”attahiyyaatulillaahi washshalawaatu waththayyibbaat”(segala kehormatan hanya bagi Allah,demikian pula segala rahmat dan kebaikan).Allah ta’ala lalu berfirman”Assalamu’alaika ayyuhannabiyyu wabaraakaatuh(kesejahteraan atas kamu wahai Nabi,demikian pula segala barokah dan rahmat Allah)Aku lalu berkata”assalamu’alainaa wa’alaa’idaadillahish shlihiin(semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hmba Allah yang sholeh).Malaikat Jibril lantas mengucapkan “Asy-haduallaa ilaaha illallah wa asy-hadu anna muhammadan’abduhuu warasuuluh(saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan saya bersaksi bhwa muhammad adalah hamba dan utusan-Nya).Allah ta’alla berfirman”Aamanar rasuulu bimaa unzila ilaihi mir rabbih(rasul beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya).’Aku berkata,’Benar wahai Tuhanku,saya beriman kepada-Mu’.Allah melanjutkan firmanNya,’Wal mu’minuuna kullun aamana billaahi wamalaa ikatihi waktubihi warusulih laa nufarriqu baina ahadimmirulih(Dan orang-orang yang beriman semuanya beriman kepada Allah,malaikat-malaikat-Nya,kitab-kitabNya dan rasul-rasulNya’.(mereka mengatakan):kami tidak membeda-bedakan antara seseorang (dengan yang lain) dari rasul-rasulNya)sebagaimana orang-orang yahudi membeda-bedakan antara Musa dan Isa a.s. dan sebagaimana orang-orang nasrani membeda-bedakan antara kedua rasul itu.Allah yang maha mulia lagi maha agung berfirman’Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa’alaihaa maktasabat(allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.Ia mendapat pahala dari (kebaikan)yang diusahakannya dan mendapat siksa dari(kejahatan)yang dikerjakannya.Kemudian Allah berfirman”mintalah,niscaya aku kabulkan”.kemudian aku memohon”gufraanaka Rabbanaa wailaikal mashiir( Ampunilah kami, wahai Tuhan kami ,dan hanya kepada engkaulah tempat kembali).Allah ta’ala berfirman “Aku telah mengampuni dosa-dosamu dan dosa umatmu yang meng-esa-kan aku dan membenarkan kamu”kemudian Allah ta’ala berfirman “wahai muhamad mintalah niscaya akan dikabulkan”.Aku memohon”Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa(wahai Tuhan kami,janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau keliru).kemudian Allah ta’ala berfirman”Aku kabulkan permintaanmu,dimana Aku tidak akan menghukumu bila kamu lupa,keliru atau kamu dipaksa untuk melakukannya,Allah lalu berfirman” mintalah niscaya akan dikabukan “Aku memohon “Rabbanaa walaa tahmil’alainaa ishran kamaa hamal tahuu’alal ladziina min qablinaa(wahai tuhan kami janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana engjau bebankan orang-orang sebelum kami)’hal itu manakala Bani israel melakukan kesalahan maka Allah mengharamkan makanan yang enak untuk mereka,sebagaimana firman Allah yang artinya”Maka disebabkan kezaliman orang-orang yahudi,kami haraman ats mereka(memakan)yang baik-baik yang tadinya dihalalkan bagi mereka’kemudian Allah ta’ala berfirman’Aku kabulkan permintaanmu’Allah lau berfirman lagi’Mintalah niscaya akan dikabulkan’kemudian Aku memohon ‘Rabbanaa walaa tuhammilna maa laa thaaqataa lanaa bih(wahai Tuhan kami jangan kau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami pikul)karena umatku orang-orang yang lemah’Allah ta’ala lalu berfirman’Aku kabulkan permintaanmu,mintalah niscaya dikabulkan’Aku memohon’Wa’fu’annaa waghfir lanaa warhamnaa ‘alai qaumil kaafiriin(Beri maaflah kami,ampunilah kami,tolonglah kami terhadap kaum yang kafir)maka Alah berfirman’Aku kabulkan permintaanmu,apabila ada diantara kamu 20 orang yang tabah,maka ia akan dapat mengalahkan 200 orang kafir”

Didalam hadist lain yang diriwayatkan oleh Abu hurairah,Nabi saw bersabda:”Aku telah diberi lima hal tang tidak diberikan kepada nabi sebelum aku,(yaitu):Aku diutus kepada orang yang berkulit hitam dan merah,bumi(tanah)dijadikan sbagai masjid(tempat bersujud)dan alat bersuci bagiku,aaku dimenangkan (atas musuh)dengan perasaan gentar (pada diri mereka)dalam jarak satu bulan perjalanan,barang rampasan dihalalkan bagiku,dan aku diberi syafaat lalu Aku simpan untuk umatku.”

Diriwayatkan pula bahwa,Allah memuliakan umat Muhamad dengan lima hal,yaitu:

Allah menjadikan umat Muhamad dalam keadaan lemah supaya mereka tidak sombong.

Allah menjadikan umat Muhamad dalam keadaan kecil-kecil supaya biaya makan,minum,dan pakaian lebih ringan.

Allah menjadikan umat Muhamad berusia pendek supaya dosa-dosanya lebih sedikit.

Allah menjadikan umat Muhamad banyak yang miskin supaya hisab-nya nanti di akhirat lebih cepat.

allah menjadikan umat Muhamad berada pada masa yang terakhir supaya tidak lama berada dalam didalam kubur.

diriwayakan pula bahwa Nabi Adam a.s. berkata”sesungguhnya Allah memberikan empat kemulian yang tidak diberikan kepadaku,yaitu:

Diterimanya tobatku hanya di Mekkah,akan tetapi umat Muhamad dapat bertobat dimana saja dan Allah akan menerimanya.

Sebelum melakukan dosa aku memakai pakaian dan setelah melakukan dosa aku ditelanjangi.sementara umat Muhamad sewaktu berbuat dosa dengan telanjang dan Allah nantinya memberi pakaian.

Sewaktu aku melakukan dosa,Allah memisahkan aku dengan istriku,akan tetapi umat Muhamad yang berbuat dosa tidak dipisahkan dengan istrinya.

Sewaktu aku melakukan dosa berada dalam surga,lalu aku dikeluarkan dari surga karena perbuatan dosa itu,akan tetapi umat Muhamad sewaktu berbuat dosa berada diluar surga kemudian dapat masuk surga setelah bertobat.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.,bahwa Nabi saw bersabda:”sesungguhnya yang pertama akan dipanggil nantipada hari kiamat adalah Nabi Nuh a.s. dan umatnya.Kemudian ditanyakan kepada Nabi Nuh a.s,”Apakah kamu telah menyampaikan apa yang telah Aku turunkan kepadamu?’Ia menjawab’Sudah wahai Tuhanu’kemudian ditanyakan kepada umatnya,’Apakah Nuh telah menyampaikan ajaran Allah kepadamu?’Mereka menjawab’Tidak, demi Allah .seandainya Engkau mengutus seorang utusan kepada kami,niscaya kami mengikuti ajaran-ajaran-Mu dan kami termasuk orang-orang yang beriman.akan tetapi ia tidak menyampaikan apa yang telah Engkau perintahkan.’kemudian dikatakan kepada Nabi Nuh a.s.’mereka menyatakan bahwa kamu tidak menyaimpaikan apa-apa kepada mereka ,maka apakah kamu mempunyai saksi untuk menyangkal mereka?’Ia menjawab.’Ya’.ditanyakan,’siapakah mereka itu?’ia menjawab,’Umat Muhamad saw’lalu umat Muhamad dipanggil dan ditanya,dan mereka menyatakan’Benar,kami bersaksi bahwa Nuh a.s,telah menyampaikan risalah kepada kaumnya’kaum Nuh bertanya’Bagaimana kamu bisa menjadi saksi atas kami,padahal kami umat yang terdahulu,sedang kamu umat yang terakhir?;umat Muhamad berkata’ksmi bersaksi bahwa Allah ta’ala telah mengutus kepada kami seorang rasul dan kepadanya diturunkan Al-kitab(Al-Quran)dan didalamnya antara lain diberitakan tentang kamu”

Abu Hurairah berkata,”kami adalah orang-orang yang belkangan,akan tetapi nanti kami pada hari kiamat adalah orang-orang yang paling depan”dan itulah maksud firman Allah”Dan demikianlah kami telah menjadikan kamu(umat Muhamad)umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas(perbuatan)manusia dan agar rasul(Muhamad)menjadi saksi atas(perbuatan)kamu.”(QS>Al-Baqarah: 143)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Artikel Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

