Tai Chi Bikin Awet Muda

TAI chi yang berasal dari masa China kuno merupakan sistem gerakan mengalir lambat dan pergantian keseimbangan. Gerakan ini bertujuan menguatkan kaki sambil mempengaruhi tendon dan ligamen mata kaki, lutut dan pinggul, meningkatkan jangkauan gerak dan membuat area tersebut menjadi lebih lentur dan mengurangi kemungkinan cedera. Gerakan mengalir berkelanjutan pada tai chi berdasarkan pada prisip bahwa air mengalir tidak pernah mandeg. Gerakan lembut ini akan merilekskan otot-otot dan persendian sekaligus menguatkan tubuh Anda.

Masih belum tertarik? Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan melakukan tai chi:

Menambah kelenturan jaringan otot. Tai chi juga berfungsi memanjangkan jaringan otot. Pergangan pada tai chi membuat otot mendapatkan kelenturan seperti karet kenyal. Kelenturan ini akan menjaga Anda tetap muda.

Kurangi hormon stres. Tai chi menggunakan gerakan-gerakan menenangkan dan terstruktur untuk menetralkan stres. Pikiran yang dibanjiri stres akan membuat kesalahan dan mengganggu kesehatan fungsi tubuh. Dengan melakukan tai chi, pikiran dan tubuh Anda akan mulai beristirahat dalam kondisi tenteram.

Tingkatkan keseimbangan, sehingga mengurangi risiko terjatuh (penyebab kematian akibat cedera pada lansia). Menurut The Mayo Health Letter, tai chi merupakan metode yang efektif meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko terjatuh hingga 40 persen. Melakukan tai chi setiap hari bisa menambah keseimbangan ke bagian lain dunia Anda, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Tingkatkan kadar oksigen dan meredakan kesulitan bernafas. Sebagian besar orang meyakini bahwa latihan aerobik sangat diperlukan untuk menguatkan jantung dan paru-paru. Hal ini benar adanya, tapi tai chi juga bisa melakukan hal yang sama. Tarikan nafas perlahan, dalam, dan teratur serta gerakan berenergi bekerja sama memasukkan oksigen ke jaringan yang lebih dalam. Hasilnya lebih maksimal dibandingkan latihan biasa.

Tenangkan pikiran. Tarian nafas dalam-dalam akan menenangkan tubuh dan pikiran karena saraf-saraf di sisitem saraf pusat juga tenang. Nafas penek dan cepat bisa memicu ketegangan dan kadang-kadang bahkan memicu amarah. Darah akan dialirkan tanpa menambah tekanan pada jantung. Berkaitan dengan sirkulasi darah, tai chi tidak bertujuan membuat jantung memompa darah lebih kuat, tapi meningkatkan elastisitas sistem vaskular sehingga jatung tidak perlu bekerja keras. Dengan begitu jantung bisa beristirahat lebih banyak.

Cegah penyakit. Menurut para pakar, tai chi membantu menahan penyakit dengan cara menyediakan energi dan menguatkan fungsi organ-organ dalam dengan menguatkan sistem imun. Cairan getah bening pada dasarnya digerakkan olah kontraksi otot kecil. Dan tai chi akan meningkatkan kontraksi otot kecil sehingga getah bening bisa dialirkan dengan lebih efisien melalui seluruh sistem dan melepaskan sel darah putih T4 yang membantu membersihkan patogen.

Tambah kelenturan persendian. Tai chi bekerja dengan cairan sinovial dengan cara memampatkan dan mengembangkannya, mencegah dan melawan semua jenis gangguan persendian. Cairan sinovial terdapat pada persendian. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas persendian, membuat persendian lebih lentur, dan saat berfungsi normal membantu mencegah radang sendir dan rematik.

Lemaskan otot dan bangun kekuatan. Tai chi bekerja pada otot dengan cara yang berbeda dengan olahraga biasa. Tai chi dan latihan internal lainnya membangun kekuatan tanpa usaha berat dan melonggarkan, tujuannya untuk mendapatkan kekuatan yang rileks.

Perbaiki postur dan redakan sakit pinggung. Tai chi memperbaki postur tubuh, yang berfungsi mencegah jatuh serta mengurangi rasa sakit dan kaku pada persendian dan otot-otot. Postur tai chi mendidik Anda mengenai postur alami Anda, postur saat masih anak-anak.

Tingkatkan kewaspadaan. Latihan teratur akan meningkatkan kesadaran, menjernihkan pikiran serta memperbaiki mood. (OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s