Biji Mahoni Enyahkan Hipertensi

KAYU mahoni memang dikenal sebagai kayu bagus dan biasa digunakan untuk membuat berbagai macam perabot rumah atau funitur. Tetapi banyakkah yang mengetahui manfaat lain yang dikandung biji bunga mahoni? Kandungan yang terdapat pada biji bunga mahoni adalah saponin dan flavonoid. Bagian ini dikeringkan dan digiling halus menjadi serbuk.

Dr. Larry Brookes seorang ahli biokimia telah menemukan manfaat biji bunga mahoni pada tahun 1990. Manfaatnya flavonoid yang dikandungnya antara lain adalah melancarkan peredaran darah, mengurangi tingkat kolesterol, mengurangi penimbunan lemak pada dinding saluran darah, membantu pengurangan rasa sakit, pendarahan dan lebam, dan bertindak sebagai anti oksidan, juga berfungsi menyingkirkan radikal bebas.

Sedangkan, saponins befungsi sebagai pencegah penyakit sampar, mengurangi lemak badan, menigkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah, mengerem tingginya tingkat gula dalam darah, menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

Berikut ini, Media Hidup Sehat memberikan resep serta manfaat dari biji bunga mahoni :

1. Hipertensi
a. 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin, disaring dan dibagi menjadi 2 bagian. Diminum pagi dan sore hari.

b. Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan Setengah cangkir air panas, dantambahkan madu 1 sendok makan. Diminum selagi hangat, 2-3 kali sehari.

2. Kencing manis
Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan Sepertiga cangkir air panas. Diminum selagi hangat, 30 menit sebelum makan. Lakukan 2-3 kali sehari.

3. Kurang napsu makan
Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan Sepertiga cangkir air panas, tambahkan madu 1 sendok makan. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

4. Demam, masuk angin
Setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan Seperempat cangkir air panas, tambahkan madu 1 sendok makan. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari. (OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s