Pangkas Kalori dengan Kurangi Nonton TV

Cukup dengan mengurangi kebiasaan nonton televisi (TV), kalori bisa berkurang tanpa disadari. Tak perlu mendatangi tempat fitnes karena dengan tidak nonton TV perhatian akan beralih pada kebiasaan melakukan pekerjaan rumah, berkebun atau sekedar menyusun foto pun akan terbentuk dan bisa jadi pengganti olahraga dalam membakar kalori.

James Crouse adalah salah satu partisipan yang mengikuti studi pengaruh TV terhadap kalori tubuh. Crouse biasa nonton TV selama 25 hingga 26 jam dalam seminggunya. Namun karena terpaksa mengikuti studi itu, Crouse yang merupakan satu dari 36 partisipan studi berhasil mengurangi 50 persen waktu di depan TV-nya dan membakar 120 kalori tiap harinya.

“Jumlah itu sama dengan kalori saat berjalan kaki satu mil,” kata Jennifer Otten dari University of Vermont seperti dikutip dari Healthday, Selasa (15/12/2009).

Ketimbang melakukan treadmill atau olahraga, partisipan justru hanya melakukan pekerjaan rumah, berkebun, yoga atau hanya sekedar menyusun foto. Tapi kegiatan-kegiatan itu ternyata mempengaruhi pembakaran kalori juga.

Meski peneliti tidak membuktikan secara klinis tentang pengurangan kalori tersebut, tapi studi ini diharapkan bisa memotivasi seseorang untuk melakukan perubahan sekecil apapun, termasuk mengurangi waktu nonton TV.

“Ini adalah kabar baik yang seharusnya bisa diterapkan setiap orang. Jika tidak, penelitian hanya tinggal penelitian dan tidak meninggalkan jejak apa-apa. Bukankah lebih mudah untuk mematikan TV dan mengerjakan suatu kegiatan daripada mendatangi tempat fitnes untuk menyengajakan olahraga?” kata diabetes educator Eugenio Lopez.

Sebenarnya bukan mengurangi TV yang menjadi penyebab kalori berkurang, tapi motivasi untuk mengerjakan sesuatu yang lainlah kuncinya.

“Ini hanya salah satu bentuk perubahan kecil, tapi saya rasa perubahan kecil adalah awal untuk memulai perubahan besar,” ujar Dr Marina Kurian dari Langone Medical Center, New York.
(fah/ir)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pangkas Kalori dengan Kurangi Nonton TV

  1. handikas berkata:

    Wow lumayan tipsnya nih, salam kenal ya.. mampir dong ke http://hndika.wordpress.com

  2. herman berkata:

    Wah hebat infonya, pantes lama nonton tv atawa internetan, stamina jadi loyo,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s