Terapi Oksigen Redakan Sakit Kepala Berantai

SERING sakit kepala? Cobalah terapi oksigen. Pasalnya, para peneliti dari Inggris menemukan, oksigen aliran tinggi efektif mengatasi sakit kepala berantai. Bahkan, penderita sakit kepala berantai bisa mengalami sebanyak 8 kali sakit kepala per hari dan berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Saat ini, gangguan ini ditangani dengan suntikan obat sumatriptan. Tapi, obat ini tidak dianjurkan untuk sering-sering digunakan karena menimbulkan efek samping berbahaya. Selain pengobatan ini, oksigen aliran tinggi juga digunakan tapi penggunaannya dibatasi karena kurangnya studi terkontrol berkualitas yang mendorong penggunaanya.

Dalam studi baru ini, para peneliti melibatkan 76 pasien dewasa berusia 18-70. Sebanyak 57 pasien menderita sakit kepala berantai episodik dan 19 orang menderita sakit kepala berantai kronis. Selama 4 episode sakit kepala berantai, pasien menerima oksigen aliran tinggi (menghirup 100 persen oksigen, 12 liter per menit, diberikan melalui masker wajah, selama 15 menit mulai dari awal serangan) atau placebo (udara aliran tinggi).

Studi menemukan, 78 persen pasien melaporkan bebas rasa sakit atau mengalami pengurangan rasa sakit dalam waktu 15 menit menerima oksigen beraliran tinggi, dibandingkan hanya 20 persen setelah menerima udara beraliran tinggi. Oksigen beraliran tinggi juga meredakan sakit dengan lebih baik lagi dengan penggunaan selama 30 dan 60 menit.

Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association ini melaporkan bahwa pengobatan dengan oksigen beraliran tinggi juga tidak menimbulkan efek samping.

“Sepengetahuan kami, ini merupakan percobaan berkualitas pertama yang membandingkan oksigen aliran tinggi dengan placebo, dan studi ini mengkonfirmasi pengalaman klinis dan panduan terbaru bahwa menghirup oksigen bisa digunakan sebagai terapi serangan akut untuk sakit kepala berantai episodik dan sakit kepala berantai kronis,” tulis Anna S. Cohen dari National Hospital for Neurology and Neurosurgery di London, seperti dikutip situs healthday.

Studi ini, lanjut peneliti, membuka jalan baru untuk penelitian lebih lanjut dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan oksigen dan penyebaran penggunaannya sebagai pengobatan serangan akut sakit kepala berantai. (OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s