Sinusitis karena Alergi

Sinusitis karena Alergi
Dok, saya alergi debu dan dingin. Kalau sudah begitu, hidung saya mampet, tapi tidak ada ingus, suara sengau, dan ada rasa nyeri di bagian dalam di antara kedua mata, juga seperti ada sesuatu yang bergerak di pangkal hidung. Dan kalau ada upil berbau nanah. Kenapa ya dok? Perlu dokter ketahui, saya sedang hamil 6 bulan, tetapi keadaaan ini sudah terjadi jauh sebelumnya. Trims sebelumnya atas jawabannya.

Yasmin, 26 tahun

Jawaban :

Halo Bu Yasmin,

Sebelumnya kami minta maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab pertanyaan Anda, dan kami juga ingin mengucapkan selamat atas kehamilan Anda, semoga Anda dan calon bayi berada dalam kondisi yang sehat sampai nanti waktunya melahirkan, amien.

Bu Yasmin yang baik, dari keluhan yang Anda sampaikan, kami menduga Anda menderita sinusitis. Sinusitis adalah suatu gangguan dimana terjadinya pembengkakan atau infeksi di daerah sinus, yaitu ruangan udara yang ada di antara tulang hidung, pipi dan tulang alis mata. Rongga tersebut berfungsi menghasilkan mukus, yaitu lendir yang kita kenal dengan kata “ingus”. Saat pilek karena sakit ataupun alergi, kita biasanya refleks mengeluarkan ingus untuk mengosongkan rongga tersebut.

Sinusitis terjadi jika ada benda atau apapun yang menghalangi keluarnya ingus dari dalam rongga sinus. Bisa akibat perubahan tekanan ataupun temperatur (untuk penderita alergi dingin), karena pemakaian obat semprot hidung terlalu keras atau akibat asap rokok, debu (untuk alergi debu) atau bisa juga karena bakteri maupun virus. Nah jika lendir atau ingus tadi terhalangi jalannya, maka lendir tersebut lama kelamaan bisa bertumpuk dan jadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk hidup, akibatnya di rongga sinus bisa terjadi infeksi bakteri.

Ciri-ciri sinusitis akut bisa dengan terasa adanya tekanan di kening, di pipi, atau daerah antara mata. Hidung yang selalu terasa penuh, demam dan sakit gigi juga bisa mengindikasikan adanya sinusitis.

Sinusitis yang masih tergolong ringan bisa diobati dengan antibiotik. Tetapi tentunya penggunaannya harus melalui diagnosa dan dibawah pengawasan dokter. Apalagi Bu Yasmin sedang hamil, tentunya penggunaan obat-obat apapun akan lebih ketat dibandingkan dengan orang yang tidak sedang menjalani kehamilan. Jadi, saran kami segera periksakan diri ke dokter dengan menceritakan secara rinci gejala-gejala yang Anda alami. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang lebih khusus untuk mendiagnosa adanya sinusitis.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bisa bermanfaat. Salam dari Mediasehat!

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s