Ajari Anak Mencintai Allah Sejak Belia

Al-Quran mecontohkan Luqman AL Hakim, sosok orangtua yang perlu untuk diteladani karena mendidik anak dengan tauhid, hikmah dan keteladanan

Hidayatullah.com–Satu amanah besar para orangtua yang harus diupayakan semaksimal mungkin adalah penanaman aqidah dalam hati sanubari putra-putri mereka sejak balita, bukan setelah dewasa. Sebab kokohnya aqidah dalam hati seorang anak menjadi investasi tak terhingga yang menyebabkan datangnya keridoan Allah SWT kepada para orangtua.

Pernyataan ini disampaikan psikolog Eri Soekresno, Psi dalam seminar parenting yang bertema “Mendidik Anak Menicintai Allah” digelar di Aula SDIT Hidayatullah Depok, Sabtu (16/1) pagi tadi. Pengelola Sekolah Kebon Maen, Cilangkap-Cimanggis-Depok ini mencontohkan sahabat Luqman Al Hakim. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran, Luqman merupakan sosok orangtua yang perlu untuk diteladani oleh umat Islam. Dia mendidik anak dengan tauhid, hikmah dan keteladanan.

Wanita yang juga aktif menulis dan menjadi konsultan di beberapa SDIT menyatakan bahwa tahapan usia setelah golden age yang sangat bagus untuk penanaman aqidah adalah pada masa pra-remaja.

“Usia pra-remaja merupakan momentum paling urgen dalam penanaman aqidah. Pada saat itu anak sudah harus dididik dengan pendekatan diskusi atau dialog”, jelasnya. “Orangtua juga jangan melakukan pendekatan dengan banyak bicara tapi harus dengan teladan. Sebab mendidik anak mencintai Allah sebagaimana dicontohkan oleh Nabi adalah dengan teladan. Serta terus-menerus mendoakan agar buah hatinya dibukakan hatinya untuk menerima ilmu dari Allah SWT”, imbuhnya.

Acara ini merupakan rangkaian kedua dari seluruh kegiatan workshop parenting yang diselenggarakan oleh TK Ya Bunayya dan SDIT Hidayatullah Depok.

“Jadwal berikutnya workshop akan dihadiri oleh nara sumber lain yang juga aktif menulis buku-buku parenting serta ahli di bidangnya. Insyaallah masih ada dua agenda serupa yang akan digelar dalam dua bulan kedepan, papar Reni Susilowati, MPdI”, kepala sekolah SDIT Hidayatullah Depok. [mam/www.hidayatullah.com]

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Artikel Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s