Limpa Pecah

Limpa pecah adalah suatu kondisi serius yang dapat terjadi jika seseorang mengalami trauma limpa. Tanpa perawatan cepat, limpa pecah dapat menyebabkan perdarahan yang mengakibatkan jiwa terancam. Limpa terletak tepat di bawah tulang rusuk pada sisi kiri. Pukulan ke perut–ketika olahraga, berkelahi atau kecelakaan mobil–dapat mengakibatkan limpa pecah.

Gejala
Limpa membantu tubuh melawan infeksi dan menyaring materi, seperti sel-sel darah yang tua atau rusak. Limpa juga memproduksi sel darah merah dan beberapa jenis sel darah putih. Limpa pecah dapat menuangkan sejumlah besar darah ke rongga perut.

Sakit perut dan nyeri merupakan gejala klasik limpa pecah. Jika perdarahan menyebabkan tekanan darah turun, kemungkinan menjadikan penderita pusing atau bingung. Selain itu juga memicu penglihatan kabur atau pingsan.

Perawatan
Perlu diketahui jika ditangani cepat, kecelakaan pada limpa dapat dapat disembuhkan tanpa operasi. Penderita kemungkinan akan tinggal di rumah sakit sampai satu minggu, sementara dokter mengamati kondisi penderita dan memberikan perawatan nonsurgical, seperti transfusi darah. Jika cedera parah, limpa mungkin perlu diperbaiki dengan pembedahan. Pembedahan untuk mengangkat limpa disebut splenektomi.

Sumber: mayoclinic.

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s