Tenangkan Pikiran dengan Teh Chamomile

NGETEH merupakan pilihan yang menenangkan sekaligus menyenangkan, khususnya saat cuaca dingin. Kandungan herbal di dalam teh dinyatakan bisa mengurangi stres dan mengatasi gangguan kesehatan lainnya. Teh apa saja yang bisa berfungsi keduanya? Berikut tujuh teh berkhasiat yang bisa menjadi pilihan Anda.

Chamomile
The dari bunga chamomile ini bermanfaat untuk menenangkan perut dan pikiran. Teh ringan dengan rasa yang halus ini mengandung minyak yang berfungsi merilekskan otot-otot halus di perut. Tiga cangkir teh sehari bisa meredakan gangguan pencernaan, gangguan usus, dan radang usus besar. Pilihlah teh yang 100 persen terbuat dari bunga chamomile dengan aroma yang segar dan kuat. Gunakan satu sendok makan teh bunga per satu cangkir air mendidih. Konsumsi selama dua bulan atau lebih untuk mengatasi gangguan kronis.

Lemon Balm
The ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan kegelisahan. Herbal dengan aroma sitrus segar ini membantu meredakan ketegangan, kecemasan, dan kusus depresi ringan. Cobalah tenangkan diri Anda dengan ditemani secangkir teh sebelum tidur. Cara ini juga efektif mengundang kantuk. Pilihlah daun lemon balm yang segar atau kering dengan aroma lemon dan rasa mint yang kuat. Gunakan satu sendok makan daun per satu cangkir air mendidih dan minumlah saat diperlukan.

Passionflower
Bermanfaat untuk Anda yang mengalami gangguan tidur sehingga bisa membantu tidur nyenyak. Bunga, batang dan daun tanaman ini mengandung substansi yang terbukti berperan sebagai obat penenang ringan. Para pakar herbal menganjurkannya sebagai penanganan paling top untuk mengatasi insomnia. Gunakan satu sendok teh herbal kering per satu cangkir air panas.

Peppermint
Ampuh untuk membantu menghilangkan gangguan pencernaan. Teh mint segar atau kering merupakan cara super meredakan gangguan pencernaan atau masalah gas pemicu mual dan muntah. Gunakan satu sendok makan daun mint (atau lebih sesuai selera) per satu cangkir air mendidih.

Rosemary
Mampu meredakan sakit kepala. Herbal beraroma ini dinyatakan bisa menghentikan sakit kepala yang berkaitan dengan stres. Rosemary menjaga agar pembuluh darah tetap lebar, sehingga mencegah sakit kepala akibat penyempitan pembuluh darah. Gunakan satu sendok teh rosemary kering per satu cangkir air mendidih.

Sage
Bisa diseduh jika Anda merasa kurang fit karena keringat di malam hari karena kemampuannya untuk menghentikan. Dengan begitu bisa membuat Anda rileks dan tidur nyenyak. Gunakan empat sendok makan sage kering per satu cangkir air mendidih. Tutup rapat dan biarkan selama empat jam atau lebih. Saring dan teh siap diminum.

Thyme
Jika Anda sedang berusaha mengurangi batuk, radang saluran pernafasan dan tekanan pada sinus. Hiruplah teh ini untuk merilekskan kekakuan pada saluran pernafasan, pemicu batuk akibat dingin atau radang saluran pernafasan. Gunakan dua sendok teh thyme kering per cangkir air mendidih, seduh selama 10 menit, dan minumlah tiga kali sehari. (IK/OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s