Redakan Asma dengan Vitamin D

KEKURANGAN vitamin D bisa memperburuk asma. Studi menemukan, pasien asma dengan kadar vitamin D rendah memiliki fungsi paru-paru yang lebih buruk dibandingkan pasien dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi.

Selain itu, respon mereka terhadap pengobatan asma juga tidak sebaik pasien dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi.

“Temuan kami menunjukkan bahwa kadar vitamin D mempengaruhi sejumlah faktor terkait asma, termasuk fungsi paru-paru dan respon terhadap pengobatan,” tutur peneliti E. Rand Sutherland, MD, MPH, dari National Jewish Health di Denver, seperti dikutip situs webmd.com.”Selanjutnya kita perlu mencaritahu apakah pemberian suplemen vitamin D akan memperbaiki kondisi pasien asma.”

Vitamin D umumnya diproduksi oleh kulit sebagai respon terhadap paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan.

Vitamin dan keparahan asma

Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine ini, peneliti membandingkan kadar vitamin D dan tingkat keparahan asma pada 54 pasein asma.

Hasil menunjukkan, pasien dengan kadar vitamin D lebih tinggi memiliki ukuran fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan pasien dengan kadar vitamin D rendah.

Peneliti menyatakan bahwa kadar vitamin D berhubungan langsung dengan skor partisipan dalam tes pernafasan. Semakin rendah kadar vitamin D, semakin buruk performa mereka.

Studi juga menunjukkan bahwa kadar vitamin D rendah berkaitan dengan peningkatan produksi protein pemicu peradangan di dalam darah. Temuan ini memperbesar kemungkinan bahwa kadar vitamin D rendah berkaitan dengan peningkatan peradangan pada pasien asma. (IK/OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s