Obat Penenang Picu Ketergantungan

OBAT penenang berpotensi memicu ketergantungan karena mempengaruhi otak dengan cara yang sama seperti heroin dan ganja.

Peneliti dari Switzerland dan Amerika menemukan bahwa obat-obat benzodiazepine, seperti Valium dan Xanax, mengeluarkan efek menenangkan dengan cara menguatkan aktivitas neurotransmitter. Proses ini selanjutnya akan mengaktifkan hormon kepuasan dopamine di otak. Cara kerja ini sama dengan beberapa jenis obat terlarang.

Temuan ini, terang peneliti, diharapkan bisa membantu pengembangan benzodiazepines generasi baru yang tidak menyebabkan ketergantungan.

Valium merupakan hasil produksi Roche. Penenang yang dikenal dengan nama generik diazepam ini merupakan obat dari kelas benzodiazepine yang paling dikenal dan diresepkan di National Health Service (NHS).

Valium dan Ativan inilah yang juga ditemukan dalam darah bintang pop Amerika Michael Jackson saat meninggal Juni tahun lalu.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature ini menemukan bahwa benzodiazepines bekerja dengan cara mengikat bagian tertentu dari neurotransmitter bernama gamma-aminobutyric acid.

“Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan benzodiazepines serupa tapi mengikat bagian lain bisa menawarkan manfaat yang sama tanpa efek samping kecanduan,” terang peneliti seperti dikutip situs dailymail.com.

Sebuah studi lain yang dipublikasikan awal bulan ini menemukan bahwa orang-orang dengan kadar dopamine tinggi di otak cenderung mudah ketergantungan.

Perusahaan-perusahaan obat telah beberapa kali berusaha mengembangkan benzodiazepines generasi baru tanpa efek samping. Tapi sejauh ini, upaya tersebut belum menunjukkan hasil yang memuaskan. (IK/OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Obat Penenang Picu Ketergantungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s