Dua Gerakan Yoga Hindari Sakit Sendi

KURANG olahraga bisa memicu leher kaku, sakit punggung, lutut sakit dan berbagai masalah persendian.

Selain kurang olahraga, gerakan yang tidak benar juga bisa menjadi penyebab kaku dan sakit. Jangan khawatir, Anda masih bisa kembali ke postur normal dan terbebas dari rasa sakit dengan mengikuti gerakan yoga berikut.

Naukasana (boat pose)

Langkah-langkah:

Cobalah berbaring lurus

Rapatkan kedua kaki dan luruskan tangan ke depan dengan telapak tangan terletak di lantai. Saat menarik nafas, angkat lengan, kepala, leher, bahu, tubuh dan kaki Anda secara berurutan setinggi mungkin.

Jaga agar siku dan lutut tetap lurus. Seimbangkan seluruh berat badan di pusar Anda. Pertahankan posisi ini selama mungkin.

Saat menghembuskan nafas, turunkan kaki, tangan dan kening ke lantai. Rilekskan tubuh Anda. (Lihat gambar)

Manfaat dan peringatan:

Naukasana meningkatkan fungsi paru-paru, yang penting dalam mengatasi pusar yang terganggu dan meredakan tubuh yang kaku serta sakit punggung. Selain itu, gerakan ini juga mengurangi kelebihan lemak di area perut. Yoga ini meningkatkan fungsi pencernaan dan meredakan konstipasi. Akan tetapi, pasien hernia dan maag tidak dianjurkan melakukan gerakan yoga ini.

Paschimottanasana (posterior stretching posture)

Langkah-langkah:

Postur ini melibatkan peregangan otot-otot di bagian belakang tubuh.

Sambil duduk, regangkan kedua kaki Anda ke depan dan rapatkan kedua kaki. Cobalah agak membungkukkan badan ke depan, gunakan jari tangan Anda untuk memegang ibu jari di kedua kaki.

Sambil mengeluarkan nafas, bungkukkan badan ke depan untuk meregangkan tubuh di sepanjang paha. Letakkan kepala di atas lutut, yang harus dipertahankan agar tetap lurus.

Secara perlahan, otot-otot yang tegang akan menjadi lentur sehingga postur tubuh juga kembali membaik.

Tarik nafas dan kembalilah ke posisi semula. (Lihat gambar)

Manfaat dan peringatan:

Gerakan yoga ini merupakan latihan peregangan yang baik untuk tubuh. Dalam satu gerakan yang berkelanjutan, hampir semua otot-otot di bagian belakang tubuh ikut diregangkan dan dirilekskan. Gerakan ini meningkatkan fungsi organ-organ di perut dan memperbaiki gangguan pernafasan. Selain itu, gerakan ini juga dinyatakan meningkatkan daya ingat.

Akan tetapi, Bagi Anda yang sudah berusia lanjut atau menderita tulang belakang kaku, ada baiknya memulai secara perlahan. Hindari gerakan terputus-putus dan tidak terarah yang justru bisa menambah rasa sakit. (IK/OL-08)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s