Kandung Empedu Babi, Hati-hati Konsumsi Minuman Energi

INILAH.COM, Jakarta – LPPOM MUI ingatkan masyarakat agar hati-hati dalam mengkonsumsi minuman energi. Soalnya, minuman energi yang belum disertifikasi halal MUI diduga mengandung empedu babi.

“Yang tidak bersertifikat itu tidak jelas halal atau haram. Bukan berarti yang tidak beralkohol tidak haram. Standar sertifikasi sekarang sudah standar Asia dan sudah mengarah ke standar dunia,” ungkap Ketua MUI KH Ma’aruf Amin, di acara ‘Sertifikasi Halal untuk Minuman Non-alkohol’, di Gedung MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/3) siang.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal itu harus mengikuti standar Indonesia, yang sudah diikuti Australia, Amerika, beberapa negara Eropa dan Rusia.

Menurut Ma’aruf, sertifikasi halal ini wajib distandarisasikan agar tak merugikan konsumen.

Tentang itu, Lukmanul Hakim, Direktur Eksekutif LPPOM MUI menambahkan, “Selama ini masyarakat hanya mengetahui bahwa minuman yang haram adalah minuman mengandung alkohol, tapi tidak semua minuman berlabel nonalkohol pun halal. Perlu diketahui, setiap minuman penambah energi itu ada kandungan taurin yang tak halal.”

Sekadar mengingatkan, taurin adalah salah satu bahan baku minuman industri yang dapat diperoleh dari sumber empedu babi. Kenyataannya babi haram dikonsumsi masyarakat muslim.

“Karena itu masyarakat muslim sebaiknya mengkonsumsi minuman energi yang telah tersertifikasi halal,” pungkasnya.

Pernyataan ini menyangkut kembali maraknya kabar produk minuman dan makanan yang mengandung taurin yang berasal dari empedu babi. Selain itu, sebelumnya banyak juga mimuman dan makanan yang diduga mengandung aspartame yang bisa mengakibatkan pengerasan otak dan sumsum tulang belakang. [aji/mor]

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s