Ibu Menolak Menyusui Berisiko Diabetes

PEREMPUAN yang tidak menyusui bayinya memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena diabetes tipe 2 di kemudian harinya.

“Kami telah melihat peningkatan yang dramatis mengenai prevalensi risiko diabetes tipe 2 selama beberapa abad terakhir,” kata Eleanor Bimla Schwarz, asisten profesor bidang obat-obatan, epidemiologi, kebidanan, dan ginekologi dari Universitas Pittsburgh.

“Pengaturan pola makan dan olahraga memang dikenal dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, tapi yang tak diketahui orang banyak ternyata kegiatan menyusui juga dapat mengurangi lemak pada perut perempuan sehingga memperkecil risiko terkena diabetes,” jelasnya.

Uji coba terhadap hasil ini dilakukan dengan melibatkan 2.233 perempuan berusia antara 40 dan 78 tahun. Secara keseluruhan, 56 persen ibu dilaporkan menyusui bayi mereka setidaknya selama satu bulan. Sebanyak 27 persen perempuan yang tak menyusui bayi mereka terkena diabetes tipe 2 atau berisiko dua kali lipat terkena penyakit itu ketimbang mereka yang menyusui atau belum pernah melahirkan.

Sebaliknya, perempuan yang menyusui semua anaknya berisiko lebih kecil terkena diabetes ketimbang perempuan yang belum pernah melahirkan. Hal ini berlaku bagi semua perempuan baik dari segi umur, aktivitas fisik, perokok atau tidak, atau peminum alkohol maupun tidak.

“Penelitian kami ini tentu saja menjadi alasan lain guna mendukung perempuan menyusui anak-anak mereka setidaknya selama sebuoan setelah dilahirkan,” kata Schwarz. (Pri/OL-06)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Ibu Menolak Menyusui Berisiko Diabetes

  1. Bener nih.
    Lagi pula sangat disayangkan jika sang ibu tidak memberikan ASI eksklusifnya buat si buah hati..😉

    Salam ngeblog !

  2. Link blog ini sudah dipasang diblogku. Silakan cek di menu blogroll.
    Ditunggu backlinknya yaa?😉

    Salam ngeblog !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s