Aspirin Dosis Rendah Cegah Kanker Usus

MENGONSUMSI aspirin dalam dosis rendah setiap harinya mampu melindungi tubuh terhadap risiko mengidap kanker usus. Kesimpulan itu didapatkan para ilmuwan yang telah menganalisis data sebanyak 14 ribu pasien yang meminum obat tersebut selama beberapa tahun.

Kadar kefektifan dosis obat tersebut sebenarnya cukup rendah yakni antara 75 hingga 300 miligram. Dalam penelitian sebelumnya, dikemukakan bahwa aspirin dalam dosis tinggi sebanyak 500 miligram dapat mengurangi jumlah kasus kanker usus. Namun, ternyata bila dikonsumsi dalam dosis tinggi, aspirin malah dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan seperti pendarahan internal dan bisul dalam perut.

Kanker usus besar atau kanker kolorektal, termasuk pertumbuhan sel kanker pada usus, anal dan usus buntu. Kanker ini adalah salah satu dari bentuk kanker yang paling umum dan penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat.

Studi terbaru ini digelar guna mengetahui bagaimana efek aspirin terhadap kanker usus bila dikonsumsi dalam dosis rendah. Hasilnya, ternyata aspirin mampu menurunkan risiko terkena penyakit iru hingga 24 persen dan mencegah kematian hingga 35 persen.

Setiap tahunnya, sekitar 38.600 orang di Inggris terdiagnosis penyakit kanker usus dengan angka kematian sebanyak 16 ribu. (Pri/OL-06)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s