Halau Stres dengan Latihan Pernapasan


STRES kini bukanlah hal yang aneh dan telah sulit dilepaskan dari bagian hidup masyarakat, terutama mereka memiliki aktivitas padat atau yang hidup di daerah perkotaan. Lalu bagaimana kita menyikapinya? Dia antara banyak teknik pereda stres, ada cara mudah yang bisa kita lakukan yakni bernapas.

Tak hanya efektif dengan singkat, Anda pun bisa melakukannya di mana saja. Banyak teknik bernapas yang bisa Anda pilih untuk meredakan ketegangan tubuh, seperti dalam beberapa teknik yoga. Berikut alasan mengapa teknik bernapas bisa sangat membantu kita saat tengah dilanda stres.

1. Stres diketahui memiliki dampak yang luas pada berbagai aspek kehidupan baik secara fisik maupun mental. Latihan pernapasan merupakan cara yang efektif untuk mengenyahkan ketegangan dan kecemasan karena mampu meredakan hiperventilasi atau keadaan napas yang berlebihan akibat kecemasan yang mungkin disertai dengan histeria atau serangan panik. Juga, sakit kepala, kelelahan, membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

2. Anda bisa langsung melakukan latihan pernapasan setiap kali Anda mengalami stres atau bila Anda ingin merasa lebih baik di tengah situasi buruk yang membuat Anda kebingungan mengenai apa yang mesti dilakukan. Bisa juga saat Anda ingin menjernihkan pikiran, merilekskan tubuh, saat Anda merasa kesal saat segala sesuatunya tak sesuai dengan yang diinginkan, atau kala Anda tengah sedih karena berselisih dengan pasangan dan ingin menenangkan diri.

3. Bila latihan ini dilakukan secara rutin, Anda akan menyadari bahwa Anda mampu menangani segala situasi buruk dengan lebih mudah daripada sebelumnya. (Pri/OL-06)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Halau Stres dengan Latihan Pernapasan

  1. artikel yang mantepp…tp gmn melatihnya???maksutnya pernafasan yang bisa menghilangkan stres… trima kasih sebelum n sesudahnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s