5 Langkah untuk Jantung Sehat

SELAIN menjaga pilihan makanan, ada beberapa cara mudah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Holly Andersen, Direktur Edukasi pada Yayasan Jantung Ronald O Perelman di NewYork memberikan 5 langkah yang mudah diterapkan dalam menjaga kesehatan jantung, setidaknya sapanjang tahun ini.

Langkah 1: Ketahui angka
Pertama-tama, tak ada salahnya mengetahui berapa angka tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida dalam tubuh Anda. Dengan begitu, Anda akan terpacu untuk mengubah beberapa kebiasaan dan mulai memerhatikan jantung.

Langkah 2: Mulailah berjalan
Olahraga adalah kunci untuk awet muda. Jalan kaki ringan selama 20-30 dalam beberapa hari dalam seminggu tentu tak terlalu memberatkan. Bila malas, coba ketahui ini, jalan ringan efektif mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persennya!

Langkah 3: Tertawa lepas
Tertawa merupakan obat yang paling manjur. Tertawa selama 15 menit setara dengan melakukan aerobik selama 30 menit dengan manfat yang sama bagi kardiovaskular Anda. Selain itu, diketahui pula bahwa tertawa menyehatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan hormon pada otak yang turut meningkatkan mood serta mengurangi rasa sakit dan cemas.

Langkah 4: Fokus pada pinggang, bukan berat badan
Lingkar pinggang merupakan patokan yang lebih pas untuk mengetahui keseluruhan kesehatan Anda ketimbang berat badan. Karena lemak pada pinggang bisa berpengaruh pada banyak hal seperti tekanan darah tinggi, kolasterol tinggi, dan risiko tinggi diabetes.

Langkah 5: Tidur malam yang nyenyak
Tidur sebenarnya merupakan salah satu aktivitas paling krusial dari rutinitas kita karena perannya yang penting bagi kesehatan. Adapun purang tidur akan meningkatkan tekanan darah, memicu stres, meningkatkan nafsu makan, dan memperlambat metabolisme tubuh. Jadi, mulailah menuju jantung sehat sejak sekarang! (Pri/OL-06)

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s