GERD, Penyakit Asam Lambung yang Bukan Maag

Jika didiamkan, kemungkinan akan menyebabkan kanker kerongkongan.
by:Nunik Triana

nuniktriana@jurnas.com

ANDA punya keluhan dengan asam lambung? Berulang kali diobati dengan obat-obatan mag, tetapi tidak sembuh? Belum tentu itu gejala mag. Jika hal ini terjadi, mungkin Anda menderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Merasa asing dengan penyakit ini? Wajar, karena namanya tergolong baru, tetapi gejalanya sebenarnya sudah dirasakan oleh penderita selama bertahun-tahun.

Para penderita GERD hanya tidak sadar mereka sedang menderita penyakit yang jika didiamkan kemungkinan akan menyebabkan kanker kerongkongan.

“GERD yang tidak diterapi dengan baik dapat menyebabkan terjadinya komplikasi,” kata Ari Fahrial Syam, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, di Jakarta, Senin (4/5).

Menurutnya, penyakit ini lebih disebabkan pola hidup masa kini yang kurang memerhatikan asupan nutrisi dan gizi. “Penyakit ini lima sampai 10 tahun lalu belum ada karena pola hidup masih bagus,” katanya.

Ari menjelaskan definisi GERD. Menurut Montreal Definition, GERD adalah kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala mengganggu hingga terjadi komplikasi. Faktor genetika dan kegemukan dilaporkan bisa menjadi penyebab.

Meski gaya hidup disebut juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya GERD, menurut Ari, perubahan diet dan pola konsumsi tidak menjamin dapat mengendalikan penyakit ini. “Gaya hidup seperti merokok, gemar mengonsumsi makanan berlemak, serta tekanan hidup yang memicu stres bisa memicu penyakit ini,” katanya.

Asal muasal GERD berasal dari sejumlah faktor, termasuk tekanan yang tidak normal pada katup yang menghubungkan antara saluran kerongkongan dan lambung, hiatal hernia, dan kontraksi esofagus yang tidak efektif.

Pada kebanyakan orang dengan refluk, gejala tersebut umumnya akibat terjadinya kontak antara selaput lendir saluran kerongkongan dengan asam lambung dan pepsin.

Beberapa tanda awal GERD: usia lebih dari 40 tahun, berat badan turun, pucat tanpa sebab, muntah darah atau buang air besar hitam, sulit menelan, nyeri saat menelan, serta memiliki riwayat keluarga dengan kanker kerongkongan atau lambung.

Dari proses ini GERD kemudian menimbulkan gejala. Antara lain: heartburn atau rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada; biasanya dialami seseorang berulang kali secara rutin, misalnya dua kali seminggu.

Gejala lain: regurgitasi atau naiknya aliran asam ke rongga mulut, sulit menelan, sendawa, batuk kronis terutama di malam hari, radang tenggorokan, serta nyeri ulu hati dan nyeri dada.

GERD juga bisa memicu sinusitis kronis, asma, suara serak, serta sesak napas. “Berat gejala yang dirasakan tidak selalu berarti merujuk pada parahnya penyakit. Hubungan antara intensitas gejala dan radang kerongkongan atau esophagitis akibat lapisan saluran kerongkongan terluka hingga kini belum bisa dijelaskan,” kata Ari.

Gejala GERD biasanya sangat samar dan umum, meski ada beberapa yang ditengarai khusus. “Karena itu, pasien sering menyamakan pengobatan untuk kasus yang dialaminya dengan obat bebas yang ada di pasaran. Padahal, GERD penyakit kronik yang bisa mengarah kepada komplikasi,” katanya.

Antara lain: penyempitan kerongkongan, pendarahan kerongkongan dan kondisi yang disebut Barrett’s Esophagus atau terjadi pembentukan jaringan pada dinding kerongkongan seperti ditemukan dalam usus. Jika ini terjadi, perjalanan penyakit tersebut berhubungan dengan kanker kerongkongan.

Tak hanya itu, GERD juga potensial menurunkan kualitas hidup pasien karena penyakit ini membatasi gerak dan aktivitas mereka. “Konsultasi personal dengan dokter profesional penting mendapatkan terapi akurat sehubungan dengan GERD ini,” katanya.

Angka prevalensi GERD hingga kini belum diketahui pasti. Tetapi GERD setidaknya telah menyerang empat juta orang Indonesia dengan tanpa mengetahui metode penatalaksanaan gejala yang efektif, meski secara berkala mengalami gejala serius.

Tetapi, dari rata-rata jumlah penduduk yang mengalami heartburn setidaknya sekali seminggu, gejala yang paling bisa dirasakan, jumlah penderita GERD di negara-negara Barat adalah 20 persen dari total populasi. Sementara di Asia Timur antara 2-6 persen.

“Meski tak ada angka pasti tentang jumlah penderita GERD, tetapi dari hospital base yang dapat ditelusuri, ada sekitar 20 persen dari total pasien yang datang ke Departemen Ilmu Penyakit Dalam menyampaikan keluhan gejala GERD, mulai dari ringan hingga parah,” katanya.

Sementara itu, Mary Josephine dari PT AstraZeneca Indonesia mengatakan, dibanding negara lain di Asia, pengetahuan masyarakat tentang GERD sangat rendah. “Filipina 17 persen dan Taiwan 13 persen, sedangkan penduduk Indonesia hanya sekitar 1 persen yang mengenal GERD, meski mereka sebenarnya telah menderita beberapa tahun, sebelum akhirnya tahu ada solusi sederhana untuk melegakan rasa sakit mereka,” katanya.

Kutipan:

Penyakit ini lebih disebabkan pola hidup masa kini.

Mengobati GERD by : Nunik Triana
GERD bukan penyakit yang bisa diatasi sendiri. Setiap pasien GERD, menurut Ari, unik dan harus dievaluasi secara personal. Tingkat keparahan GERD dan dampaknya pada kualitas hidup sebaiknya juga berada di bawah pengawasan dokter.

Pengobatan GERD dalam hal ini harus lewat terapi yang teratur untuk mengendalikan gejala. Juga, untuk menghindari perlunya kunjungan dokter berulangkali.

Saat ini tersedia banyak obat yang dijual bebas untuk mengobati heartburn, seperti: antasida dan H2-blockers. Namun obat-obatan tersebut tidak dapat menekan produksi asam yang berkelanjutan dan hanya dibuat untuk menyembuhkan gejala heartburn sesaat. “Dampak obat-obatan ini sementara, tidak bisa digunakan untuk pengobatan GERD dalam jangka panjang,” kata Ari.

Terkait penatalaksanaan gejala, esomeprazole magnesium yang merupakan proton pump inhibitor (PPI), menurutnya, obat yang direkomendasuikan untuk pasien dengan gejala yang berhubungan dengan asam lambung, termasuk GERD.

Esomeprazole magnesium dalam hal ini bekerja dengan cara mengikat dan menghambat pompa asam yang terdapat pada sel di dalam lambung sehingga menghentikan produksi asam lambung.

Tak hanya itu. Esomeprazole juga menurunkan tingkat keasaman lambung dan membantu proses penyembuhan erosi pada esophagus atau pada radang lambung serta radang usus duabelas jari.

Tetapi, tak hanya melalui obat-obatan. Karena GERD merupakan penyakit yang terkait erat dengan gaya hidup, penyesuaian gaya hidup seperti olahraga dan menurunkan berat badan juga bisa membantu pasien yang memiliki gejala lebih sederhana.

“Para penderita GERD disarankan menghindari rokok, makanan berlemak, asam, pedas, teh, cokelat, kopi, serta stres karena berpengaruh pada kinerja lambung,” katanya.

Contoh, cokelat dan keju berpengaruh karena dapat menyebabkan pengosongan lambung menjadi lebih lambat sehingga merangsang dan mempercepat naiknya asam lambung.

GERD tidak hanya menimbulkan rasa sakit. Menurut Ari, penyakit ini juga berpengaruh besar pada kehidupan seseorang. “Rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat heartburn dan gejala GERD lain bisa menjadi dampak yang harus diperhitungkan dalam aktivitas sehari-hari karena akan sangat mengganggu,” katanya.

Kegiatan sosial seperti makan bersama dengan keluarga atau teman akan terganggu karena gejala GERD biasanya terasa saat makan dan setelah makan. Tidur pun tak nyenyak karena gejala GERD terasa makin mengganggu ketika sedang tidur dalam posisi terlentang.

Menurut Ari, hampir 80 persen pasien sulit tidur karena gejala GERD menggangu kualitas tidur dan menyebabkan rasa lelah keesokan harinya. “Bahkan, hubungan seksual dan aktivitas sosial juga bisa terganggu akibat GERD karena penderita menjadi kurang bergairah,” katanya. n Nunik
Glossary
by : Nunik Triana
Lambung

Lambung (ventrikulus) berupa kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah kardia, fundus, dan pilorus. Kardia adalah bagian atas, daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan.

Kerongkongan

Sebuah tabung berotot yang panjangnya sekitar 25 cm dan garis tengah 2 cm, dimulai dari faring sampai pintu masuk kardiak lambung. Kerongkongan berfungsi mengantarkan bahan makanan yang dimakan dari faring ke lambung dengan adanya gerakan peristaltik esophagus. Di ujung kerongkongan yang berbatasan dengan lambung terdapat sfingter esofageal atau sfingter kardiak yang merupakan penghalang agar bahan makanan tidak balik dari lambung ke kerongkongan.

Asam Lambung

Berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.

Gastroesophageal Reflux

Gerakan terbalik pada makanan. Asam lambung menuju kerongkongan, kadang menuju mulut.

Stres

Stres adalah respons fisiologis, psikologis, dan perilaku seseorang untuk mencari penyesuaian terhadap tekanan yang sifatnya internal maupun eksternal.

Fakta:

Obesitas adalah penyebab kematian kedua di dunia setelah merokok.

Sumber: Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1998

About these ads

Tentang farrasbiyan

Hangudi Paseduluran Lumantar Blog
Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

156 Balasan ke GERD, Penyakit Asam Lambung yang Bukan Maag

  1. eni berkata:

    aku sdh divonis ma dokter kena penyakit ini. ini penyakit memang bener2 komplet banget efeknya. keluhanannya sbb :
    :
    - mual,
    - perut kembung dan keras terlihat seperti orang hamil,
    - sakit perut bagian atas tepatnya di bawah tulang rusuk (kanan ataupun kiri seperti orang kena penyakit liver dan gejala serangan jantung),
    - muntah2,
    - pusing terkadang nyeri kepala,
    - nyeri pinggang, panggul, dan pangkal paha kanan yg tiba2 dan sanagt sakit.
    - pegel2 n badan suka lemas,
    - sakit tenggorokan dan kerongkongan terasa terganjal
    - dada terasa sesak dan susah bernapas.

    awalnya aku kira aku masuk angin dan kecapean.sprt umumnya kita orang kampung, kerokan, makan yg bener and istirahat adalah obat pertama yg dipakai. aku tidak merasakan gejala penyakit maag sama sekali…karena ulu hatiku tidak sakit. aku pun makan teratur, walaupun aku doyan makan makanan pedas. Anehnya, penyakit ini hanya muncul di saat mendekati masa ovulasi hingga masa mens datang. Aku mengalami gejala ini selama 3 kali masa menstruasi, so selama 2 minggu tiap bulannya selama 3 bulan berturut2 aku tersiksa dengan penyakit2 aneh tsb.Karena setelah mens aku tidak mengalami gejala tersebut, aku tidak ambil pusing hingga suatu malam, setelah makan malam, tiba2 dadaku terasa sesak dan nyeri sekali dan aku tidak bisa bernapas karena seperti ada sesuatu yg terganjal dikerongkonganku. Wah, aku kira aku akan mati:( tp aku coba ttp tenang, aku lepas tali bra longgarkan pakaian n coba kasih minyak tawon di dada n perutku n duduk di atas kasur dng kaki terlentang..perlahan2 aku bs bernapas lg dan sakit dadaku berkurang.
    Besoknya aku ke dokter. Setelah aku ungkapkan keluhanku, dokter mengira2 aku terkena kista or endo..ttp setelah periksa bagian perut dan tenggorokan..dokter berkesimpulan aku terkena GERD. Setelah aku meminum resep obat yg diberikan…berangsur2 gejala tersebut berkuarng dan hilang….dengan catatan aku menghindari sementara makanan yg memicu gerd…tp setelah sembuh tidak ada pantangan lg kok:) yg jelas pada masa pengobatan, aku menghindari coklat, makanan pedas, gorengan. Alhamdulillah skg udah gak rasain lg tuh penyakit yg menggangu sekali.

    • NANI berkata:

      MBAK ENI BEROBAT KE DOKTER MANA TOLONG KASIH TAHU ALAMAT DOKTERNYA KARENA SAYA PINGIN SEMBUH

      • teguhsupribadi berkata:

        saya juga penderita GERD ketahuannya baru senin tgl 31-11-2011 setelah di lakukan treadmill karena sebelumnya di curigai jantung koroner saya udah berubat ke dokter penyakit dalam berulang ulang tak kunjung sembuh saya mohon informasinya ke dokter mana mbak Nani berobat. Tks tolong sms atau email kan ke saya teguhsupribadi@yahoo.com Hp 081931477301/081320982015

    • naanaa berkata:

      wah, terima kasih atas ceritanya,,,..
      aq jd semangat untuk sembuh..
      penyakit ini emang nyiksa banget…
      aku smpek berpikir 2x untuk melakukan hal yang ska q lakukan…
      semangat!!!!

    • azman aziz berkata:

      Mbak Eni, boleh tahu obat2 an yg dipakai serta pantangannya yg lebih detail ?

      Salam,

      Azman Aziz

    • ita yuli antari berkata:

      obt ap yang diberikan oleh dokternya mbak?

    • tresna ayu berkata:

      Subhanallah, aq jg merasakan hal yg sm, wkt nya jg saat ovulasi smp haid, biasanya kambuh jam 2 mlm, aq lngsung minum madu, propolis & oat gandum. Alhamdulillah gejalanya berkurang. Tp mmg it’s so annoying ya mba. trmksh sdh b’bagi, actually I’m not alone ^,^.

    • julia berkata:

      Hi Mba Eni, dikasih obat apa dan ke dokter mana mba? Tolong infonya ya? Saya perlu sekali. Thank you.

    • Elkatiga Bin Ehs berkata:

      wah ini info GERD sangat menark, gerd cukup sulit pengobatannya, bahkan ada yang sampai 2 tahun ganti ganti dokter dan obat belum juga bisa sembuh total, bahkan dengan obat tradisional dan menjaga makanan yang dikonsumsi pun juga masih belum sukses meniadakan GERD secara total. Tapi saya yakin semua penyakit ada obatnya, cuma kita saya yang belum mampu menemukannya. Ada info katanya dengan terapi “pijat” bisa membantu penyembuhan GERD. Cuma saya masih belum tahu dimana tempat terapi tersebut. Barangkali melalui forum ini adayang tahu, kita bisa saling menginformasikannya.

    • galih berkata:

      obat apa mb’?

    • Wendra berkata:

      Mbak Eni yang baik, cerita/pengalaman tentang sakit GERD nya sangat membantu. Mohon diberi info tentang obat dan dokternya. Terima kasih

    • Rudy Harun berkata:

      Mbak Eni isteri saya sakit dengan gejala2 seperti GERD yang mbak uraikan, tolong infonya dokter yang mengobatinya. Apa di Bandung ada juga dokter sejenis? Tolong kirim infonya ke rudhar@hotmail.com . Terima kasih atas pertolongan infonya. dari : Rudy Harun

    • naya berkata:

      mbak eni berobat dimana trus obatnya apa aja..

  2. Eby berkata:

    @Eni… saya juga mengalami gejala yg sama yaitu GERD.. sdh ke dokter tapi belum hilang sampek sekarang… boleh tahu obat apa yg diberikan dokternya…. tnq

  3. kei berkata:

    wah, sama seperti mba eni saya jg berkali2 terserang susah bernafas, panik, dan semakin susah nafasnya…

    saya di vonis gerd bulan desember lalu, setelah bulan2 sebelumnya bolak balik dokter + masuk rs… hingga saya berobat ke salah satu dokter, beliau prof lambung, ya.. saya kira saya datang ke orang yang tepat…

    beliau memberikan saya tips:
    - big NO NO NO… setelah makan langsung posisi tubuh tidur… saya harus dalam posisi duduk 2 jam setelah saya makan (ya, agak susah yaa kalau habis makan malam, kan cape, abis kerja :( tp dari pada saya tengah malam slalu terbangun saya nurut aja, walau kadang saya sampai ketiduran dalam posisi duduk)
    - kalau sesak menyerang, jgn panik! semakin panik semakin sesak (psikologis bgt.. saya 2 kali di larikan ke RS krn hal kepanikan saya saat sesak menyerang)… saya disarankan untuk menarik nafas dalam2, lalu dihembuskan melalui mulut selama beberapa kali…

    saya sempat dikasih berbagai macam obat, tp begitu pengobatan hampir 1 bulan, beliau berkata tidak perlu minum obat lg… itu sekitar awal feb..

    saya sangat disiplin menjalani-nya, dan benar, masalah GERD saya hilang ditambah saya banyak2in liburan… yaa, tidak selalu harus pergi keluar kota, tapi menghabiskan waktu dengan orang tercinta dan menjaga hidup saya jgn sampai stress.. (8 dari 9 dokter yang saya datangi ketika saya belum tahu tahu solusi dari GERD mengatakan saya stress :D yayayaya 1 dokter yg tdk bilang saya stress adalah prof lambung yang menghandle penyakit saya ini)

    saya jaga makanan juga, saya pokoknya jaga benar lambung saya agar tidak lagi menyiksa hidup saya…

    dannnnnn… akhirnya saya kelepasan dan keenakan :D hilang kendali… saya mulai makan sesuka hati, kadang telat makan, dan mulai lgsg posisi tidur setelah makan malam… dan hari2 blakangan ini saya mulai sesak lagi :( makanya saya browsing2 lagi dan ketemu artikel ini…

    mari kita perangi GERD :)

    • Eka berkata:

      @kei = boleh tau ngk prof yg anda pake jasanya itu siapa dan dimana prakteknya ?
      cause gejala anda hampir 95% sesuai dengan gejala yg saya alami.
      Thanks ya….

    • elsa berkata:

      dear kei,

      suami saya sudah setahun ini menderita sekali dengan gejala2 GERD ini – puji Tuhan saya temukan penjelasan kei ini dan besok akan segera buat appointment dgn Prof Boas – moga2 ini dokter terakhir dan pengobatannya bisa tuntas.

      terima kasih, Gbu!

    • delyma berkata:

      malam mba, saya sudah hampir 2 thn ini menderita semua gejala yg sama. Tapi saya tidak pernah divonis GERD. saya hanya dibilang klep lambung lemah, sehingga cairan empedu menyemprot kelambung, apakah sama?
      saya sudah berobat hingga ke kuala lumpur tapi hasilnya nol. saya sudah putus asa, karena sudah berbagai cara saya coba, tapi tidak ada yg berhasil :( padahal semua pantangan sudah saya jalankan, terutama pinggang dan perut diatas sebelah kanan suka sakit sekali. mungkin saya akan coba menghubungi prof,. itu. terima kasih mba :)

  4. kei berkata:

    @eka: bole2 aja.. Beliau namanya prof boas, specialist lambung & saluran cerna.. Praktek di rs pgi cikini.. Untuk info praktek & reservasi-nya silahkan hub: 021-38997798..

    Smoga bermanfaat & lekas tuntas, Gbu :)

    • Riareey berkata:

      apakah prof boas melayani konsultasi lewat email..??? hehehe..maklum, bukan dari daerah cikini. saya di jogja. trimakasih..

  5. Bagus berkata:

    Aku pengidap GERD saya mau tanya, ini kan mau bulan puasa gmna cara nya saya berpuasa yang baik dan benar….. karena saya takut kalau salah kaprah… mohon petunjuk nya… terimakasih..

  6. Eka berkata:

    @kei = maksaih banget ya kei….minggu ini saya rencana mau appoinment dengan prof boas.
    Semoga ini dokter terakhir yg harus saya temuin…stres juga sama penyakit ini.

    Thanks and GBU u too.

  7. kei berkata:

    Amin.. Smoga lekas sembuh ;)

  8. armin berkata:

    Kei,
    Dulu dikasih obatnya apa aza ? Terima ksh ya.

  9. kei berkata:

    Hi..

    Saya dikasih 3 jenis obat.. Tp agak lupa namanya..

    Kl nda salah..

    Pankrofat
    Peptisol (suspensi warna pink)

    Yg 1 lg saya benar2 lupa..

    Maaf ya :)

    • minimalism berkata:

      wah untunglah akhirnya ada blog yg mengupas masalah GERD.

      saya sdh hampir putus asa krn sdh berobat ke banyak dokter internis di sini krn sudah 2-3 bulan ini saya sakit sesak nafas spt nafas mau putus, suka nyeri di dada atau di belakang punggung, tau2 badan lemes, suka terbangun malam hari keringat dingin, gejalanya paling parah pas malam atau udara dingin. Di check darah hasilnya normal, dicheck jantung normal.
      rata2 dokter bilangnya krn kegemukan sehingga menyebabkan gejala tsb.
      tp setelah diet malah tambah menjadi penyakitnya.

      saya juga ke THT mana tau jgn2 dari hidung sehingga ngak bisa nafas (krn ada dokter yg bilang itu krn tulang hidung saya bengkok), tp dokter THT yg kedua saya datangi bilang mustinya tulang hindung yang bengkok tsb bukan masalah besar sehingga menimbulkan gejala2 tsb, jd dia bilang mungkin krn cairan lambung yg nyangkut di kerongkongan sehingga jalan nafas saya terganggu, tp dia pun ngak yakin.

      tp dari artikel ini saya tambah yakin bahwa saya terkena GERD krn semua gejalanya benar2 mirip sekali.

      Penjelasan yg ada di sini sdh cukup membantu saya, tp krn saya tinggal di daerah dan blm ada dokter spesialis penyakit lambung dan pencernaan serta sptnya dokter2 di sini spt blm punya pengalaman menghandel penyakit jenis ini, oleh karena itu bila aga-agan berkenan mohon pencerahannya dan tips2 lanjutan nya…

      btw, apakah GERD bisa sembuh?
      Apakah GERD tersebut bisa berulang?
      kalau boleh tau obat apa saja yang berikan dokter dan berapa dosisnya?
      spt apa diet dan pola hidup yang baik buat penderita GERD?

      Thanks.

      • kei berkata:

        @bagus: maaf saya kurang tahu info seputar puasa… mgkn bisa googling info puasa bagi penderita gerd.. maaf yaa..

        @minimalism: yang pernah saya baca gerd tdk bisa sembuh total.. gerd berhubungan dengan asam lambung, yang harus kita cegah adalah bgmn asam lambung tidak tinggi (dengan makanan, tdk stress dll)

        kl obat sebenarnya ketika saya telusiri, obat2 yg diberikan obat ‘umum’ untuk asam lambung (maksudnya bukan obat khusus gerd) dan pemberiannya ada baiknya dengan referensi dokter…

        namun, sekarang ini, untuk pencegahaan asam lambung berlebihan, saya sering mengkonsumsi enziplex (bkn iklan lho) hehehehehe, soalnya spertinya cukup mampu meredam kl perut saya mulai bergejolak…

        soal diet, spertinya seputaran pedas, minyak, lemak, dan makanan yang mengandung gas saja ya yg dihindari… dan air putih yg banyak deh… no soda, less coffee & tea, juga yg asam2…

        smoga bermanfaat.. :)

        oiya, jgn lupa, jgn rebahan 2 jam setelah makan :D

    • farhan berkata:

      mba eni,kalau boleh, tolong beritahukan obat yg mba eni lupa.semoga dgn infonya saya juga bisa sembuh seperti mba eni.soalnya saya sdh sepuluh thn mengidap penyakit gerd.mau ke dokter saya termasuk orang yg berpenghasilan pas2an.trims sebelumnya.

      • Jahron berkata:

        Mas farhan, yg terpenting hindari makanan yg berminyak, dalam hal ini goreng2an, makanan yg pedas, asam, kopi, cokelat dan susu. Insya Allah gejala Gerd akan hilang. Saya akhir2 ini juga menderita Gerd, setelah saya tahu penyebabnya, saya hindari semua makanan tsb diatas. Eh, sekarang normal lagi.

  10. wulan berkata:

    Mbak Eni, saya juga divonis gerd. tolong donk kasih tau embak berobat ke dokter mana. Saya juga pengen sembuh seperti embak. Mksh

  11. nana berkata:

    sy bbrp tahun sering maag kumat kumatan, terakhir lama ga kumat maag nya, tp langsung diare n muntah berat. sembuh smntara diobati dokter, kemudian bbrp bulan stlh itu tiba2 kok dada serasa diremas remas selama dua minggu n mual, tercekik, sering ada ludah n cairan hangat di mulut, sendawa yg amoun deh sangat berlebihan, kaku di tengkuk dan berdebar debar, dan sy didiagnosa oleh seorang dokter bahwa sy menderita GERD stlh diindoskopi. setelah berobat 1,5 bln skrg sy sembuh dan tetap menjaga pola makan yg dilarang spt sawi putih, kol, ayam broiler, lemak yg tinggi, keju, coklat, durian, rokok, alkohol, soda, mie, susu, kopi, nanas, ketan, dan tentu sj masih minum obat dengan dosis yg sdh sngt diturunkan dan ringan selama 3 bulan kedepan. semoga bermanfaat…

  12. Lilys berkata:

    Mbak, bisa tolong dikasi tau pantangan apa aja? dan obat yang bisa mencegah sebelum berobat ? terkadang penyakit itu kumat dengan secara tiba2. thanks .

  13. bundaraqi berkata:

    wah saya sepertinya juga GERD kah?

    saya memang punya riwayat ancietas
    mungkin efeknya sekarang baru terasa

    dada kiri suka nyeri, berdenyut klo habis makan
    lidah pahitt dan asam

    rasa terbakar / panas di dada kadang ke belakang tulang dada
    apalagi kalo posisi rebahan / duduk,, kadang berdebar2 sempoyongan

    tapi kadang bangun tidur juga rasa berdenyut didada kiri
    udah cek jantung dll baik semua,, ni baru rencana mau ke dokter yang anda sarankan, coz udah ke dokter mana2 cuma dikasi polisilane

  14. naanaa berkata:

    aku udah dikasih obat ma dokter…
    tp setelah obatnya hbis ya kmbuh lagi…
    mbak,boleh tw gag resep biar nafsu mkn qt tetp terjaga…
    soalnya aku susah bngt lok mw makan….
    rasanya mulut.q ky gag mw nerima mkanan itu.. smpek udah aku paksa bwt nelen mknn itu….
    alhamdullillahnya aku belum pernah smpek muntah2..
    tp bdn tmbh kurus n’ lok krja jd cpt lemes…
    tkutnya aku pas kerja tuh pingsan…
    mksih mbak….

    • farrasbiyan berkata:

      minumlah biang kunyit secara rutin yach…

      • Ackbar berkata:

        Saya Dari Tanggal 28 November 2012 Awal yang saya rasakan yaitu dengkul terasa lemas, pada pukul 12 Siang dan pada pukul 18.00 saya merasakan jantung berdetak kencang , dan Nafas terasa BErat saat itu juga aku ke dokter aku kira terserang jantung dan hasil pemeriksaan dokter asam lambungku naik. gejala makin parah seiring berjalanya waktu seperti 1. Jantung berdebar 2. Panik Attack 3.sakit dada tembus ke belakang.4 Merasa Kedinginan, 5. Keringat dingin 6. Nafas TErasa Berat. 7. Ulu HATI Panas 8. Muntah 9. mual. 10. Sering Sendawa 11. Telinga Terasa budeg (sunda) 12.leher Kaku 13. Insomnia 14. Sakit Kepala 15. Gampang Stres 16. Panas di punggung 17. Perut Kencang 18. Pusing. 19. tenggorokan berdahak. 20 Demam 21 Sakit Pingang gejala tersebut . sering saya rasakan dan bergantian saya suka merasa ketakutan saya takut tidak sembuh sehingga saya mengalami Psikosomatis Thanks Braddd….

  15. Fang berkata:

    Gejala GERD yg aku rasakan:
    * Sesak napas berkepanjangan (terasa penuh di dada, napas berat dan pendek tetapi tanpa bunyi ngiik)
    * Perut kembung dan kencang, saat parah, perut benar2 kencang dan nyeri hingga ke belakang punggung >_<"
    * Leher seperti tercekik
    * Saat menelan, pangkal leher terasa tebal dan ada yg mengganjal
    * Sering bersendawa (apalagi setelah makan) dan buang angin
    * Sering sakit kepala belakangan dan pundak terasa kaku dan berat
    * Perut sering berbunyi, meski udah kenyang

    Saran yg dianjurkan untuk GERD:
    * 2 jam setelah makan dilarang berbaring
    * 4-5 jam sebelum tidur, jangan makan agar perut kosong hingga asam lambung tidak naik
    * Jangan terlalu banyak makan dan minum. Karena kondisi perut udah terisi asam lambung berupa gas, saat terlalu banyak makan, perut terdesak sehingga asam lambung terdorong naik
    * Pantangan makanan : kopi, teh, yg pedas, yg asam, yg dingin, yg terlalu panas, brokoli, ubi2an, goreng2an, mie, kacang2an, yg berminyak dan berlemak, kubis, kol, es krim, cokelat.. T_T makanan kesukaan semua hiks..
    * Jangan duduk membungkuk ke depan, perut jadi berasa tertekan dan tidak nyaman..
    * saat tidur, posisi kepala lebih tinggi 6-10cm.. mencegah asam lambung naik ke kerongkongan..

    Semoga membantu.. ^^ maaf kalau ada yg salah..

  16. aufa berkata:

    asslamu’alaikum, wr.wb
    saya aufa, sudah beberapa hari yang lalu saya sakit batuk-batuk, dan yang mengherankan saya setiap batuk sembuhnya lama, setelah sembuh sekarang sakitlah tenggorokan, tenggorokan saya sekarang seperti begitu banyak lendir dan angin, sering keluar angin, dan seperti ada bunyi di tenggorokan,tiap malam sulit tidur kerna tenggorokan tertutup lendir (sungguh sangat sulit bernapas seperti ada yang tersangkut ditenggorokan)dan setelah makan uap makanan itu sering muncul dan keluar dari mulut, apa yang harus saya lakukan karena saya sudah kedokter THT tapi belum sembuh, mau nanya apa mungkin ini asam lambung? Dan kira-kira jenis apa? Krena dulunya pola tidur malam saya dan makan saya kurang trtur krena aktivias kegiatan yang begitu padat, saya binging sumber sakitnya itu dimana? Apa memang karena batuk-batuk atau karena asam lambung. padahal saya sangat berharap ingin berpuasa beberapa hari kedepan, untuk memenuhi nazar saya, mhon bantuan masukan apa yang harus saya lakukan… aroel_ekp05@yahoo.co.id , sekali lagi saya mhon masukannya, trimakasih sbanyak-banyaknya.
    waslamkum, wr,wb

    • farrasbiyan berkata:

      Untuk Mengurangi/meluruhkan lendir bisa menggunakan pengobatan herbal yaitu 7 lembar daun bambu kuning direbus dari 3 gelas menjadi 1 gelas

  17. aprilina berkata:

    saya juga dah 2bln ini di vonis GERD sm internist..terapi obat slama 2 bln pke lansoprazole,sulfactra,sma frisium..tp yg terakhir dminumnya klo gelisah aja..skarang dah mendingan..tp yg saya rasakan stress yg pengaruh banget sma GERD..soalnya klo hati lg tenang kyaknya tuh pnyakit menjauh dech..tp dah 2hr ini lg kambuh,ada yang tau gk dokter spesialis lambung ma pncernaan di bdg?

    • Karo berkata:

      Hallo Aprilina,
      Saya berobat dengan dokter Lukas Mulyono di bandung, beliau praktek di RS Immanuel daerah KOPO. beliau memang belum specialist KGEH namun sekarang sedang sekolah specualist lambung. semoga membantu

  18. iyek berkata:

    please mbk sy ingin tau obat2 apa sj yg diberikan dokter utk penyakit gerd..sy udah gak kuat d tersiksa banget terutama klo malam sering terjaga..beberapa kali ke dokter tp tdk berhasil,tq infonya

  19. DENI berkata:

    SAYA SUDAH MENDERITA GERD 2 TAHUN. DIBUKTIKAN DG ENDOSKOPI SAMPE 2 KALI HASILNYA RADANG LAMBUNG DAN EROSI DI ESOFAGUS/ ESOFAGITIS, JUGA GERD MULUT TERASA ASAM… YG SAYA JALANI SELAMA INI MINUM OMEPRAZOLE 20 MG (KRN HARGANYA YG MURAH 5 RB SATU LEMBAR ISI 10 BUTIR) PERTAMA PENGOBATAN SAYA MINUM DUA KALI SEHARI SEBELUM SARAPAN DAN SEBELUM TIDUR, TRS MULAI ADA PERUBAHAN (KIRA2 2 MINGGUANLAH) TRS TERASA AGAK ENAKAN SAYA MINUM SATU KALI SEHARI SEBELUM TIDUR ( INI YG LAMA KIRA2 4 BLN), AGAK ENAKAN TRS SAYA MINUM 2 HARI SEKALI SEBELUM TIDUR 1 BLN, TRS TIGA HARI SEKALI 1 BLN, DAN SETERUSNYA SECARA BERTAHAP SEKARANG SAYA MINUM KALAU PAS LAGI TERASA SAJA… INTINYA PENGOBTANNYA HRS BERTAHAP… SEKARANG SUDAH DIKATAKAN HAMPIR 80 PERSEN UDAH SEMBUH, TETAP MENJAGA MAKANAN… OYA 2 BLN INI SAYA MINUM SUKRALFAT JUGA UNTUK MELAPISI LAMBUNG (MENJAGA LAMBUNG DR IRITASI AKIBAT ASAM LAMBUNG BERLEBIHAN) MINUM SATU SENDOK SAAT MAU TIDUR AJA YG INI HARGANYA AGAK MAHAL 75 RB, TP UNTUK SATU BLN LHO… WALAUPUN SAKIT TP PERLU JUGA PERHITUNGAN MASALAH BIAYA… MURAH TRS SEMBUH… HE.. HE…

    • nur sulaiman berkata:

      http://findarticles.com/p/articles/mi_m0689/is_4_51/ai_85005702/
      http://www.dechacare.com/OMEPRAZOLE-P561-1.html#com
      http://www.hexpharmjaya.com/page/Lansoprazole.aspx

      saya juga minum, tapi lansoprazole, sebelum tidur 2 jam sesudah makan malam, selama satu bulan, hasilnya jadi entengan dan jarang kembung. akan tetapi jika stress jadi kembung lagi. intinya harus jaga kesehatan jasmani dan rohani.
      salam sejahtera bagi semua, GBU

    • Martin berkata:

      saat ini saya sedang mencoba resep Omeprazole 20 mg, namun biasanya saya juga minum susu beruang.
      mudah2an bisa membaik dalam beberapa bulan kedepan.karna serangan nya akhir2 ini sangat menyiksa aktifitas.
      perut terasa ter iris iris setiap bangun tidur, bahkan saat buang gas pun terasa panas dipantat, bau mulut tidak karuan, sungguh tersiksa bila sudah kena GERD.
      thanks buat sharing nya all.
      saya juga dari beberapa rekan kerja yg berada diluar negri menganjurkan saya minum madu ditambah beberapa tetes air lemon dicampur air hangat, karna menurut mereka dokter dinegara mereka makanan tersebut bersifat basa sehingga menekan terjadinya gas saat perut memproduksi asamlambung yg berlebih.

      Salam Sehat untuk semua

      Martin

  20. gatz berkata:

    Hello All,
    saya juga termasuk penderita penyakit aneh ini. sudah 1 thn lebih bolak balik dokter, sempat dikira jantung dan masuk UGD tengah malem, tp setelah cek jantung normal. menjelang putus asa saya sempat baca2 artikel dan nemuin GERD ini dgn gejala yg mirip dgn yg saya alami. kemudian sy kedokter gastro dan disarankan endoskopi, dan bener positif saya GERD Grade B.
    setelah itu saya diberi obat2an (OMZ,impepsa) setelah jalan 2-4 miggu keluhan saya berkurang cukup banyak. tetapi dasar saya kurang disiplin dan belum balik ke Dokter lagi belakangan ini sesak napas saya rasakan kembali.
    menyiksa sekali penyakit ini. bagi rekan2 yg pernah sukses memerangi penyakit ini mohon sharing tips dan triks nya di forum ini.

    tks,

  21. awippo berkata:

    http://www.facebook.com/groups/181720921893432/

    Ini Group di FB tentang GERD, bisa saling sharing n nanya2 di group FB ini…

    Silahkan gabung yah :)

    • delyma berkata:

      ya ampun thanks God bgt ada forum dan fb grup ini, saya emang butuh sharing dari orang2 yg merasakan hal yg sama, karena kalau saya cerita kekeluarga atau kesiapapun mereka anggap remeh, padahal sakit ini bener2 ngeganggu bahkan bs sampe buat putus asa. tolong di approve dong, saya udh request di fb.. thanks

    • hendry berkata:

      Apa nama grupnya ya……terimakasih

  22. galang berkata:

    ya terima kasih ya para ibu2 yang baik, skrang aku baru ngrasain betapa menggangunya penyakit tersebut. semingu yg lalu ak di kasih saran sama orang dari negara antah berantah. # kalau baru bangun tidur langsung minum air ptih sekenyangnya.# berdiri tegak dan main pernafasan 1 tarik nafas pelan 7-10 mnt..2 tahan nfs 7-10mnt..3 lipas nfs pelan 7-10 mnt juga ulangi sampai 5_7 kali..\…dan dalam 3jam sikali minum air tajin+susu+madu. dan juga makan yg teratur,dgan porsi dikurangin usahakan 4 kli makan dlam sehari.alhamdulilah skrg ak rasa agak berkurang./ ini tanpa obat dokter kok. warisan leluhur aja.dan yg penting jngan lupa minta sembuh dr yg esa. tergantung keyakinan masing2.,.[galang]

  23. agung berkata:

    mau menambahkan aja. Saya jg termasuk penderita GERD.. yg saya rasakan bila penyakit ini kambuh, dada berdebar, kemudian sesak nafas, tekanan darah meningkat (normalnya 110/70, bisa meningkat sampai 150/100). Awalnya saya pikir dan sempat di vonis hypertensi oleh beberapa dokter. karena gejalanya mirip sekali. saya sempat mengkonsumsi obat hipertensi selama hampir 1.5 bulan.. tetapi, ketika salah makan (makan yg pedas..) , tekanan darah tetap naik… setelah berobat ke internis di RS Carolus jakarta, saya sempat minta di opname selama 3 hari, utk mengobservasi, apakah saya kena hipertensi atau maag. Ternyata saya menderita GERD..
    Menurut literatur yg saya cari lewat internet, pola hidup saya memang bisa menyebabkan penyakit tersebut. Misalnya, sering makan malam di atas jam 10, kemudian langsung tidur… hal tersebut berlangsung lebih dari 10 thn…. dan mungkin sudah sejak lama saya mengidap GERD dalam taraf yg ringan, seperti setelah makan, sering ada asam yg keluar dari perut sampai ke mulut… tapi tidak sampai sesak nafas. baru setelah 10 thn tidak pernah ada keluhan .. tiba – tiba saya terserang penyakit ini dgn gejala yg sangat menyiksa, seperti komentar2 di atas…
    Menurut saya, hal yg paling sulit untuk di hindari adalah, pola makan. Karena setiap kali sudah merasa sembuh, maka saya sering tergoda utk makan makanan yg di larang / dapat memicu GERD, seperti kopi, teh, bahkan sate kambing dan durian. Obat yg saya minum bila GERD kambuh adalah, Pangkreoflat (bisa jg enziplex) obat bebas, karena merupakan enzim pembantu pencernaan makanan. dan obat Lancid 30 mg. Untuk Pangkreoflat saya minum setiap habis makan, sedangkan lansid saya minum 1x sehari. (berdasarkan saran dokter saya). pemakaian LANCID menurut dokter saya, maksimal 1.5 bulan. Untuk kasus saya, paling lama setengah bulan sudah bisa normal.
    sampai saat ini, GERD saya biasa nya kambuh akibat makan makanan yg pedas, kopi , kambing dan durian.. (suka lupa dan suka coba-coba )..
    Demikian yg bisa saya sharingkan , semoga dapat membantu rekan-rekan yg lain

    • nur sulaiman berkata:

      thanks bro atas sharing nya, terkadang saya juga kepingin makan sate kambing, tetapi takut klo kambuh dan KO lagi, kalo durian kopi udah putus hubungan

  24. ita yuli antari berkata:

    apa obatnya untuk penyakit asam lambung?
    saya sudah 10x pergi ke dokter dalem,tapi obatnya gx mempan juga,
    tolong kasi tau obatnya…
    trimakasi.

  25. ANDIKA berkata:

    Mbak Eni, saya sudah 2 tahun mengalami sakit di Ulu hati trus merasa sakit di perut bagian atas tepatnya di bawah tulang rusuk (kanan ataupun kiri seperti orang kena penyakit liver dan gejala serangan jantung),nyeri pinggang, panggul, pegel2 n badan suka lemas, dada terasa sesak dan susah bernapas. apakah itu juga termasuk penyakit GERD atau tidak. Thanks sebelumnya

  26. Hana berkata:

    Saya sering ngerasain gejala yang mirip penyakit ini. semacam:

    - tenggorokan terasa terganjal
    - sering sendawa tanpa sebab
    - kepala sering pusing
    - pernafasan terganggu

    udah cari beberapa info penyakit lain, dan ternyata banyak penyakit yang cocok. ini sudah terjadi sekitar seminggu. sampai saat ini saya belum berani periksa ke dokter, walau banyak teman yang menganjurkan. selama ini saya sangat jarang makan, alasannya sih karena nggak ada nafsu makan. apa mungkin pola makan saya yang seperti itu bisa jadi penyebab juga?

    artikel ini sungguh membantu! bisa menambah perkiraan saya tertang penyakit yang saya alami ini.

    • agha berkata:

      gejalanya yg sekarang saya alami dengan anda sama persis….dan 1 lagi perut agak kembung dan kencang 2 jam habis makan .. jadinya sendawa melulu gak nyaman banget

  27. teguhsupribadi berkata:

    kepada yang pernah sakit GERD dan sudah sembuh mohon infonya obat apa yang mesti saya makan dan kalau mau berobat ke dokter mana. Tks

  28. teddy berkata:

    yang saya alami cuma terasa tenggorokan terganjal saja..
    bersendawa pun jarang sekali..
    masalah sesak napas dan lain nya tidak pernah terjadi..
    ada yang tau kenapa?terima kasih..

  29. lili berkata:

    Salam, saya wanita 38 th, memiliki gejala penyakit seperti di atas suka sesak nafas terutama pagi hari dan siang dan mengganggu aktifitas saya, saya sudah ke dokter internis dan dokter menyatakan gas lambung saya sangat banyak dilihat dengan usg perut dan diberikan beberapa obat salah satunya gastrofam, karna blm sembuh kerbat menyuruh saya meminum nexium selama 2 minggu yg mengandung esomeprazol 20 mg. Tp pada artikel yg saya baca pengobatan terbaik dengan omeprazol. Bisa kasih saya pebcerahan kah? Dan ke dokter mana saya harus berobat? Terima kasih banyak

  30. e evata stp berkata:

    ada resep dari orang tua saya ,mudah mudahan bermanfaat bagi penderita gerd…. gambir ( 10 mgr)diseduh dengan kulit pohon durian ( jangan terlalu tua ) ditambah gula aren ( asli ) secukupnya . semuanya direbus dalam 2 gelas air jadi 1/2 gelas , diminum 2 x sehari … moga moga bermanfaat…

  31. farrasbiyan berkata:

    mengkonsumsi Bluebandsatu sendok teh dapat mengurangi asam lambung..

  32. Ade Nurhaeni berkata:

    Salam semua…. baru minggu lalu saya tau dari dokter kalau aku kena Gerd , padahal sebelumnya aku sudah bolak balik rumah sakit karna gejala yang sama , tapi kata dokter ku yang lama cuma di bilang maag, trus waktu aku sesak nafas malah di suru cek paru paru dan nafas, (hasilnya bagus). di kasi obat masih sering kambuh dan sesaknya bertambah. aku dulu memang punya asma, aku baru tau kalau asma memicu GERD. SEkarang aku ganti dokter dan di jelasin mendetail tentang GERD. ya gejala nya sama kaya diatas, trus aku di kasi obat plantacid, nexium dan enzim untuk pencernaan, gejala seh berkurang…. semoga kali ini bisa bener2 sembuh, karna aku dah mantang banget semua makanan pedas dingin, asem, kol, santan, nangka, sampe2 rasanya aku kaya kurang gizi.

    SEkarang aku lagi terus berobat, dan saran saran di atas jadi masukan yang sangat berguna buat aku. yang paling ku rasa tuh… kebiasaan duduk aku klo kerja, aku serig banget duduk dengan posisi membungkuk ke depan , trus klo pulang kerja abis makan langsung tiduran, aku juga sering tidur tanpa bantal. baca artikel ini aku jadi tau deh klo semua itu di larang… makasi ya semua….. semoga kita semua bisa terbebas dari GERD.. amin.. Semangat

  33. Ngurah Putra berkata:

    AKu juga seperti kalian sudah 2 th gejalanya sama, sejak jumat kemaren kumatnya minta ampun sampe sekarang masih terasa, mungkin karena aku makan sayur pakis kebanyakan kali ya? ato pas obatnya di ganti gtu? awalnya di kasih nexium, dogmatil sama aludonna D dan si ganti nexium, disflatyl dan aludonna D, sejak minum obat yg baru perutku malah kembung tuh sampe2 1 btl minyak kayu putih habis buat ngurutinnya

  34. rina nurtiti berkata:

    tak pernah terbayangkan sebelumnya ak bs terkena gerd…yg ak rasakan semua hampir sama..,udah mau 3bln ni ak harus bersahabat dgn obat2 gerd..temen2 brgkali py pengalaman pernah kena gerd dan skrng dah sembuh,bagi2 tips nya ya..

  35. delyma berkata:

    need u’r sharing guys.. saya sudah sangat putus asa dengan penyakit ini, sama sekali gak bs menikmati hidup :( kalau lagi makan sama keluarga, saya gak bs makan apapun, minum jg gak bs :( dan gak bs melakukan aktifitas apapun :(

  36. andini berkata:

    saya sudah 1 tahun lebih jg mengalami gejala yg sama,, pernah suatu malam dilarikan k UGD karena rasa sesak yg tak tertahankan…
    sampai sekarang masih sering kambuh dan harus bolak balik ke dokter…
    dugaan dokter saya tetap maag,, sejak beberapa tahun lalu saya memang terkena maag,, tp yg saya rasakan 1 tahun terakhir ini berbeda dgn maag…
    sering saya merasa putus asa dan minder karena takut sewaktu-waktu rasa itu datang kembali…
    saya ingin berobat herbal karena sudah banyak obat-obatan dari dokter…
    tolong sarannya…
    terima kasih….

  37. Herman berkata:

    Baru sekitar 2 minggu ini sy bru menyadari kalo saya terkena penyakit GERD, setelah sebelumnya 2 bulan merasakan gejala dan bbrp dokter bilang penyakit hnya kurang istirahat, kecapean dan terlalu bnyk pikiran..saat ini masih terapi obat, hasil signifikan blm terasa krn bru 2 hari ini konsum, ada yg ingin saya share, asam lambung naik byk sekali sebabnya, namun yg paling berperan adalah kondisi psikis kita, manajemen stress, ketenangan dlm merasakan gejala, pemikiran positif dlm menghadapi sakit, dan kedekatan kita pada sang Khaliq (Tuhan semesta alam) yg justru sangat berperan dalam menciptakan kesembuhan, saya akan update kondisi saya di blog ini demi kesembuhan kita semua, amin

  38. Yusi berkata:

    Saya mengalami keluhan yg sama dng tman2. Sudah 4 dokter saya coba kunjungi utk berobat, katanya saya kelebihan asam lambung. Skarang saya rajin minum kefir dan menghindari makan pedas, asam, soda dan durian. Hasilnya alhamdulillah membaik.

  39. rendi berkata:

    aku ingin berbagi cerita tentang GERD. wah.. ternyata banyak juga penderita GERD. jd merasa “senang” karena ada teman senasib sependeritaan. ini penyakit aneh bin ajaib. bahkan dokter spesialis penyakt dalam yg ada dikota medan pun ga tau nama penyakit ini. mereka cuma bilang aku sakit maag. gejala awal aku terserang penyakit ini yaitu pada malam hari Pukul 22.00WIB aku merasa lapar. terus keluar rumah beli makanan trus makan deh. belum ada 10 menit sehabis makan. langsung berbaring/tidur. ga lama tiba2 kepala kayak di tekan hebat,nafas sesak ga karuan, jantung debar dan sakit di uluhati. dan dilarikan ke UGD. tp setelah dicek EKG trnyata normal.trus diberi obat dan sirup utk lambung. 3 bulan petama sungguh menyiksa,karena tanpa meminum obat golongan PPI. maka produksi asam lambung ku ga terkontrol. baru di bulan ke 4 aku berobat ke penang(malaysia) dan tau kalau aku kena GERD. sekarang (bulan ke 5) aku kena GERD. aku ga mengkonsumsi obat sama sekali. cuma menyesuaikan pola hidup dan pola makan. sakit yg aku derita masih seputar sesak nafas, jantung sering berdebar dan sakit kepala(seperti migran). dan dari temen yg pernah sakit GERD yg sudah sembuh total. aku diwajibkan utk rajin olahraga(jalan kaki dan renang),kemudian jgn terlalu mikir yg berat2,sering2 liburan dan buang jauh2 pikiran negatif. karena penyakit ini mempengaruhi mental ku. akibat rasa was-was yg berlebihan di awal2 bulan terkena GERD, aku jd orang yg ga pede-an dalam arti takut keluar rumah sendiri akibat sering sempoyongan.bahkan utk bekerja saja,aku minta ditemenin sama temen,takut kenapa2 kalau sesak nafasku kumat. sekarang temen ku yg sudah sembuh total dari GERD inilah yg jd mentor ku. dari dia aku mendapat suport utk selalu berpikir positif. rajin shalat 5 waktu atau beribadah menurut agama masing2 merupakan hal yg wajib dilakukan,karena utk penguatan mental dalam menghadapi GERD ini. karena akibat GERD ini saya yakin 90% semua yg terkena pasti merasa putus asa.
    perlu diketahui saya belum sembuh dari GERD ini tp sudah lumayan lah kondisi saya,bisa bekerja walau masih hati2. bagi temen2 yg ingin sharing, ini pin BB saya : 226F418E

  40. joe kamarullah berkata:

    saya diidentifikasi terkena gerd, saya melakukan endoscopy. Dan dokter memberikan resep obat neciblok untuk lambung, domperidon untuk mual dan lansoprazole 30 mg. Tetapi sendawa dan kadang napas di tenggorokan tersenggal masih saja terjadi. Perut terasa tdk nyaman sekali. Jadi solusinya bagaimana ya ?

    • nur sulaiman berkata:

      dibantu dengan olah raga ringan, terutama bersepeda. sehari sejam, dan berjemur cari vitamin D yg berguna utk proses pencernakan.

  41. yoseph iskandar berkata:

    saya di fonis kena gerd sebulan yang lalu.baru kemarin kambuh lagi gara2 makan cabe sedikit saja.waduh.perut panasnya ampun dah.dan yg bikin payah sesak nafasnya itu.hampir sebulan ini.makan obat dari dokter saja.apakah ada dokter specialis pencernaan ini yang bagus di bandung.pengen sembuh total and balik normal.huhuhuh

  42. farrasbiyan berkata:

    sahabatku semua yang sedang menderita GERD Allah SWT menciptakan penyakit pasti menciptakan obatnya,saya mempunuyai tips dari jika terkena GERD sahabat bisa mencoba obat tradisional yaitu rebuslah temulawak dan gula aren secara bersamaan minumlah secara teratur pagi siang dan sore, dan satu lagi jangan lupa betis diurut.

  43. fgf berkata:

    saya juga mengalami penyakit yng sama nyeri lambung udah hilang tapi sendawanya masih terus . ada,gimana solusinya mba Nani.

  44. julia berkata:

    Mba Eni dikasih obat apa dan ke dokter mana mba? Tolong infonya ya

  45. nur sulaiman berkata:

    tahukah anda bahwa stress bisa memicu asam lambung berlebihan?
    ini bisa membantu mengurangi stress dan memperbaiki pola hidup anda
    https://farrasbiyan.wordpress.com/2010/07/17/lima-langkah-alami-atasi-serangan-panik/#more-2158

  46. Yono Wahab Handoyo berkata:

    Wahhh….banyak temannya aku, stlah membaca artikel ini nilai semangatku tuk sembuh tinggi lagi, kurang lebih 3 bln yang lalu aku sesak napas dan dada berdebar, aku ke klinik katanya jantungku terlalu cepat jadi di suruh ke RS jantung harapan kita, malam itu juga kesana setelah di rekam jantung / ekg ternyata normal, aku di suruh treadmill, dan hasil treadmill pun normal tapi krn msih sesak napas aku cek ke dokter paru dan di cek smua normal, trus coba ke dokter internis katanya aku kena maag dikasih obat maag ngk sembuh2 juga, yang aku rasakan sesak napas, sering sendawa, perut sering bunyi sebelum / sdh makan, bibir sama lidah seperti pahit kyak ada asamnya, tengorokan kayak kebal, berat badanku berkurang draktis, muka pucat, lemah lesu. sakit dipunggung seperti ada yg berjalan menjalar, aliran darah seperti tidak lancar, memang dulu sebelum sakit saya perokok berat, peminum kopi berat, sering makan diatas jam 10 malam langsung tidur, stress aku rasakan juga di dalam kerjaan suka makanan pedas jadi segala pemicu sudah lengkap dan gejala sudah lengkap.
    Mohon bantuan pencerahaannya krn penyakit ini sangat sangat mengerikan…. krn bukan menyerang fisik semata tapi pikis juga…..
    Semoga dengan sharing bersama ini kita bisa menemukan jalan keluar untuk kesembuhan penyakit ini amin…..

  47. regar berkata:

    tolong donk dikasih tau nama obatnya mbak

    • juli berkata:

      saya juga terkena penyakit gerd sudah hampir 2 tahun. berobat kemana2 belum ada tanda2 kesembuhan . sampai sekarng yang saya rasakan hanya sakit dan terus sakit
      sampai2 saya merasa hidup saya terasa sia2 . saya tidak bisa beraktifitas normal seperti yang dulu lagi. gerd sungguhb sangat menyakitkan dan mengambil kebahagiaan dalam diri saya.. seprti yang dikatakan pepatah hidup segan mati gx mau ..

  48. chonet berkata:

    saya jg mngalami hal yg sama dng mbak eni…sdh setahun ini…asam lambung naik,bersendawa,jantung berdebar..napas trasa pendek,nyeri dada,perut kembung,buang air nggak lancar..rasa takut dan was2…tapi alhamdulillah asam lambung saya nggak trasa lg sejak mngkomsumsi obat PRAZOTEC CAPSUL 30mg

  49. Elo berkata:

    bingung mw comment ap cz q jg belom sembuh d suruh kontrol lg hari nie, galau dah

  50. pim.partai ANTYGERD berkata:

    alhamdililah aku bs dblng dah lulus dr penyakit ini,tidak tanggung2 karena smp 2 thn…sekian dokter dan rmh skt semua membingungkan,,sekian obat tdk ada yang cocok,smp mlah dikira gjl stroke shngga diksh obat strooke oleh dkter spsials saraf.astaghfirulloh..ke dokter THT smpai gigi dicbut…cek darah ke laborat selalu sj msh di garis normal,,,,ujian smkn berat krn ddkng pngtahuan klargaku yg tak bgitu paham dg pnykt,,,,,sebuah perjalanan ujian yang panjang &menguras financial,,,,smpai ak hrs kehilangan pkrjaan slma 2thn itu…(hmpr2 dah mau ninggalin wasiat ke istri)…..(-pmbaca jgn ikt sedih ya.krn itu jln hdp sy..)belum lg yang berobat ke alternatif wah hncur deh keungan ….akhirnya alloh menurunkan obat bagiku..saya tdk menganjurkan anda untuk meniru,,&saya tdk mau berdebat,,,obat itu sngat mudah didapat &tdk asing….

    “tiap hari siapkanlah selalu sebotol air putih misal aqua yang agak gede,,,lalu isikanlah susu putih kedalam botol aqua itu secukupnya…minumlah sesering mungkin,tdk hanya keadaan haus,…….. tp haus tdk haus minumlah sebanyak-banyaknya shngga terus menerus kencing,jd istilahnya untuk menguras lambung…lakukan terutama sebelum tidur dan bangun dr tidur,INGAT JANGAN MINUM KOPI &MI INSTAN!!!,bawalah selalu minuman itu kmn sj anda berada,jangan mnum yang lainya!!!dan akhirnya alloh memberi kesembuhan pd hambanya ini….
    inilah perjalanan hdp sy saat sy berjuang mengalahkan monster GERD..alhamdullilah ak katakan lulus dlm ijian GERD ini..

    • een berkata:

      susu putih kaleng seperti indomilk.??

      • Martin berkata:

        saya minum susu beruang tawar, cukup membantu netralisir asamnya, namun sifatnya sementara.sekarang saya coba menambahkan Omeprazole 20 mg.
        beberapa hari lalu kena serangan saat nyetir, sampai tidak bisa nginjak kopling mobil,semua badan gemetar gara2 makan kwetiauw goreng, gorengan musuh no satu sepertinya.mudah2an bermanfaat nih. cuma saya masih mencari tahu apakah mengkonsumsi Omeprazole dalam waktu lama ada efek samping yg merusak.jika ada informasi bisa sharing ke saya.
        Thanks

    • Xander berkata:

      Boleh tau…dapet darimana resep air campur susu itu..?

    • Indra berkata:

      kalau boleh tahu, susunya susu apa mas? susu kaleng (manis) atau susu murni???? tlong dbls

    • yosep berkata:

      itu susu apa?kan macamnya banyak

  51. siti rahmatika berkata:

    Saya pernah anfal pertama kali rasanya seperti serangan jantung,dari telapak kaki ke kepala dingin dan sesak nafas rasanya sudah seperti mau meninggal.baru itu saya tahu saya menderita asam lambung setelah di suntik oleh dokter dan asam lambung langsung turun,sekarang saya mengalami hal ini lagi cuma kali ini hanya ada sesuatu yang didalam kerongkongan saya yang tidak bs ditelan,beberapa kali minumpun tidak bisa tertelan rasanya sakit hingga punggung belakang dan telinga.kalau menelan melewati itu sakit banget tapi selalu bersendawa apakah itu yang disebut GERD saya ingin melakukan endoskopi..bagaimana?trims

    • Joy berkata:

      Iya mba itu betul gejala GERD – sama seperti yg saya baca di forum2 ttg Gerd.
      Apa sdh endoscopy ? mau tanya apa biaya endoscopy mahal mba, saya disuruh endoscopy takut karena mahal, tapi tdk tahu berapa ? Tolong info nya mba terima kasih :)

  52. jida berkata:

    Saya merasakan tanda tanda penyakit gerd ini. Tapi usia saya baru akan menginjak 19thn. Apakah bisa saja saya mengidap penyakit ini?

  53. saiful berkata:

    Ass.Wr.Wb…saya sudah 2 thn terkena GERD yang awalnya saya kira saya terkena Serangan Jantung dan sering keleyengan seperti mau pingsan dan sudah berobat kemana aja tp tidak sembuh2..sampai saya tahu ada Pengobatan Alternatif di daerah Ciputat namanya Eyang Agung..pertama kali kesana Pundak saya dipegang oleh Eyang dan Beliau bilang Kalau Gas dibadan saya terlalu banyak dan itu menggangu Pencernaan dan Usus 12Jari dan mengakibatkan Detak Jantung Terganggu akibat Gas yang terlalu banyak dibadan saya..saya diberi tahu Obat Herbal yang dijual dioutlet Eyang yaitu Jahe Merah dan Madu…Alhamdulillah Penyakit ini terasa berkurang setelah saya mengkonsumsi Jahe Merah+Madu..di Eyang Agung Pengobatannya tidak dikenakan Biaya,,semuanya Sukarela dan Seikhlas kita..hanya Jahe Merah dan Madu yang Harganya terbilang Murah 1 Botol Madu Rp,37.500,- dan Jahe Merahnya juga Rp.37.500,…jadi saya ingin berbagi bagi kalian yang ingin mencoba Alternatif.

    • Xander berkata:

      Mas Saiful…boleh tau dimana tepatnya alamat Eyang Agung itu..saya juga pengidap GERD..sudha setahun gak sembuh2..mohon informasinya..terima kasih

      • saiful berkata:

        maaf mas Xander baru saya balas..Alamat Eyang Agung di Daerah Sarua Ciputat..buka dr habis Subuh sampe jam 12 Siang..hari Minggu sama tanggal merah libur..jadi klo mas sudah didekat pasar ciputat mas tanya alamat Eyang Agung pasti orang banyak yg tau..jadi gk usah khawatir untuk mencari alamat Eyang Agung..pengobatannya tidak ditarifkan semua sekurela dan seikhlas kita..hanya Madu,Jahe dan Obat Herbal Lainnya saja yg ditarifkan…itupun masih terbilang murah..coba aja mas dicoba asalkan mas jng putus asa untuk sembuh dari penyakit yang rada Aneh ini

    • warni berkata:

      minta alamatnya eyang agung donk, aku juga punya gejala yg sama nih

  54. eni purwanti berkata:

    Baru kemarin saya ke dokter , saya merasakan nyeri dada kiri , uluhati kalo ditekan sakit , trus sering sendawa , kata Dokter saya kena gejala maag , saya dikasih obat , Alhamdullilah seteah minum obat sakit yang saya rasakan berkurang . Setelah membaca tulisan diatas saya jadi sedikit lebih tenang . Terima kasih banyak atas tulisa tulisannya.

  55. antoni berkata:

    saya juga penderita penyakit Gerd, awal nya kena dulu gaya hidup saya yg tidak teratur blom lagi pergaulan , hemm contoh pake narkoba , begadang eh saya ne termasuk maniak game juga alias gamer, tapi semenjak saya kena penyakit Gerd ancur dunia saya , contoh ngak bisa duduk lama2 kalau duduk lama2 bisa sesek nafas , kalau ke dokter ngak usah di tanya aduh sedih nya ke dokter trs keuangan pun ampe abis semua , saking sedih nya saya ampe titip pesan ma istri kek mau kasih wasiat gitu kek orang mau mati, wkwkwk lucu juga y. nah tapi sekarag saya susah berangsur-angsur sembuh berkat menjaga pola makan dan gaya hidup , buat yg mau sharing bisa hub saya ke 06177773302 ty . nb harus yaking anda bisa di sembuhkan . kATA KAN SAYA BISA SEMBUH.

  56. e.darsono berkata:

    saya belum memastikan penyakit saya ini GERD saya perlu kedokter utk memastikan. Tanda2 padasaya,kalo abis makan/perut diisi,trs saya jalan agak jauh,terasa di dada kiri/kanan dkt ketiak ada gangguan,dan hrs istrhat jalan utk kira2 5/10 menit,lalu melanjutkan perjalanan. Apa btl ini penyakit GERD? Obat herbal nya apa ya?

  57. Ayee berkata:

    OBAT PILIHAN : Penyakit GERD
    Omeprazole

    Nama generik : Omeprazole
    Nama dagang : Lambuzole, Loklor, Losec, OMZ, Prilos, Protop, Pumpitor, Socid, Contral, Dudencer, Norsec, Opm, Onic, Promezol, Stomacer, Prohibit, Ulzol, Zollocid, Zepral, Lokev, Meisec, Omevell, Ozid
    Indikasi : pengobatan heartburn dan gejala lain yang berhubungan dengan GERD, pengobatan jangka pendek (4-8 minggu) erosive esofagitis yang didiagnosa secara endoskopi, pemeliharaan penyembuhan erosive esofagitis.
    Kontraindikasi : hipersensitif omeprazole, turunan benzimidazole (esomeprazole, lanzoprazole, pantoprazole, rabeprazole), atau terhadap komponen lainnya dalam formula
    Bentuk sediaan : kapsul
    Dosis dan aturan pakai :
    Oral
    Anak-anak ≥ 2 tahun :
    < 20 kg : 10 mg 1 x sehari
    ≥ 20 kg : 20 mg 1 x sehari

    Dewasa :
    GERD dengan gejala : 20 mg/hari selama 4 minggu
    Esofagitis erosif : 20 mg/hari selama 4-8 minggu

    Efek samping : Sakit kepala, pusing, ruam, diare, nyeri perut, mual, muntah, kentut, konstipasi, kehilangan rasa, lemah, nyeri punggung, infeksi saruran pernapasan atas, batuk
    Resiko khusus : Hati-hati pada pasien dengan penyakit hati, kehamilan dan mnyusui. Resiko kehamilan : faktor C. Tidak dianjurkan bagi pasien menyusui.
    Lansoprazole

    Nama generik : Lansoprazole
    Nama dagang : Betalans, Laz, Prosogan, Prolanz, Compraz, Digest, Gastrolan, Laproton, Lasgan, Protica, Solans, Sopralan, Ulceran, pysolan, Inhipraz, Loprezol
    Indikasi : pengobatan jangka pendek GERD dengan gejala, pengobatan jangka pendek semua tingkatan esofagitis erosif
    Kontraindikasi : Hipersensitif terhadap lansoprazole, turunan benzimidazole (esomeprazole, omeprazole, pantoprazole, rabeprazole) atau terhadap komponen lainnya dalam formula
    Bentuk sediaan : kapsul
    Dosis dan atuan pakai :
    Anak-anak 1- 11 tahun
    Pada GERD, esofagitis erosif :
    < 30 kg : 15 mg 1 x sehari
    ≥ 30 kg : 30 mg 1 x sehari
    Catatan : dosis dapat ditingkatkan pada pasien jika gejala masih tampak setelah pengobatan 2 minggu atau lebih.(dosis maksimum 30 mg, 2 x sehari)

    Anak-anak 12-17 tahun
    GERD non-erosif : 15 mg 1x sehari hingga selama 8 minggu
    Esofagitis erosif : 30 mg 1 x sehari hingga selama 8 minggu
    Dewasa
    GERD dengan gejala : pengobatan jangka pendek : 15 mg 1 x sehari hingga selama 8 minggu
    Esofagitis erosif : Pengobatan jangka pendek : 30 mg 1 x sehari hingga selama 8 minggu, pengobatan dapat dilanjutkan 8 minggu lagi untuk pengulangan atau untuk pasien yang tidak sembuh setelah pengobatan selama 8 minggu; terapi pemeliharaan : 15 mg 1 x sehari

    Efek samping : Sakit kepala, nyeri perut, konstipasi, diare, mual.
    Resiko khusus : Hati-hati pada pasien dengan penyakit hati, kehamilan dan mnyusui. Resiko kehamilan : faktor B, penggunaan selama kehamilan hanya jika dibutuhkan. Pada kerusakan fingsi hati dianjurkan penurunan dosis, sebaikanya tidak diberikan pada anak-anak < 1 tahun. Tidak dianjurkan bagi pasien menyusui.
    Pantoprazole

    Nama generik : Pantoprazole
    Nama dagang : Pantozol
    Indikasi : Pengobatan dan pemeliharaan penyembuhan esofagitis erosif yang berhubungan dengan GERD. Mengurangi tingkat kekambuhan gejala heartburn dalam sehari dan malam hari pada GERD
    Kontraindikasi : Hipersensitif terhadap pantoprazole, turunan benzimidazole (esomeprazole, omeprazole, lansoprazole, rabeprazole) atau terhadap komponen lainnya dalam formula.
    Bentuk sediaan : tablet
    Dosis dan aturan pakai :
    Oral
    Dewasa :
    Pada Esofagitis erosif berhubungan dengan GERD :
    Pengobatan : 40 mg 1 x sehari hingga selama 8 minggu , pengobatan dapat dilanjutkan 8 minggu lagi untuk pasien yang tidak sembuh setelah pengobatan selama 8 minggu.
    Pemeliharaan penyembuhan : 40 mg 1 x sehari
    Catatan : dosis yang lebih rendah (20 mg 1x sehari)telah terbukti sukses digunakan pada pengobatan dan pemeliharaan GERD ringan.

    Efek Samping : Nyeri dada, sakit kepala, insomnia, pusing, migrain, ansietas, ruam, hiperglikemia, hiperlipidemia, diare, kentut, nyeri perut, muntah, mual, konstipasi, dispepsia, gastroenteritis, kerusakan rektal, infeksi saluran kencing, perubahan frekuensi buang air kecil, keabnormalan fungsi hati., athralgia, nyeri punggung, nyeri leher, lemah,hypertonia, bronkitis, batuk, dyspnea, faringitis, rinitis, sinusitis, infeksi saluran pernafasan atas.
    Resiko khusus : Hati-hati pada pasien dengan penyakit hati, kehamilan dan mnyusui. Resiko kehamilan : faktor B, penggunaan selama kehamilan hanya jika dibutuhkan. Tidak dianjurkan bagi anak-anak. Tidak dianjurkan bagi pasien menyusui

    • sirujudin berkata:

      ya aku juga sama sudah 15 th kuderita penyakit ini dari tahun 1999 sampai sekarang, dada sakit dan panas seperti ada yang mengganjal/menekan, batuk kering dan parau, tidur sering terbangun karena napas seperti berhenti, bila dalam kendaraan yang menjalankan cepat / makan agak banyak suka jadi timbul cemas, berbagai altrnatip telah dicoba, obat dokter pun sudah malah pernah diobati tbc sama salah satu dr dalam karena batuknya yang terus2san dan gambaran paru seperti bronkhitis/asma tapi baru 1 bulan dihentikan oleh dokter dalam lain karena itu bukan tbc katanya, pokonya tersiksa hidup tidak bebas tapi orang tak akan percaya karena keadaan saya seperti orang yang sehat dan normal, yang memperingan selama ini adalah madu dan jeruk mipis itupun tidak dikonsumsi terus terusan hanya beberapa hari untuk menyembuhkan batuknya karena hanya ramuan itulah yang cocok tapi untuk mengkonsumsi lama takut karena pernah ada tetangga saya yang meninggal katanya karena minum perasan jeruk mipis karena ingin langsing, sudah sebulan ini penyakitku kambuh lagi dan sekarang bila batuk dada sakit sudah di ronsen tapi paru bagus, kenapa ya?? tolong yang punya pengalaman dengan si GERD ini infonya!trima kasih.

  58. yaty berkata:

    Aku menderita GERD hampir 2 bulan…skrg masih masa penyembuhan obat dokter…insya allah kondisi semakin membaik apalagi dengan membaca beberapa pengetahuan artikel tentang GERD untuk pantangan makanan dllnya..dan setelah mengetahui ternyata byk juga penderita GERD mengurangi stress dan kecemasan brkurang aku karena tidak merasa sendiri,,,please sharing apalagi buat yang sudah sembuh kirim email..yaty_78@ymail.com atau add fb : yaty.su

    thanks ALL….

  59. Novita berkata:

    Saya benar-benar terkejut setelah mendengar GERD, baru hari ini pula. Awalnya saya sangat curiga dengan gejala aneh yang saya alami. Mulai dari sakit di pangkal paha (sampai dikira usus buntu). Sesak nafas (sampai dikira terkena asma), tulang rusuk depan belakang ulu hati sakit (sampai disuruh rontgen oleh teman). hikhik. *memangnya habis jatoh dari pohon?

    Berkat informasi ini saya bersyukur, dan berdoa semoga ini bukanlah GERD. Karena saya pun belum sepenuhnya divonis terkena penyakit ini. Yang jelas saya pun sekarang sangat sulit bernapas dan tulang rusuk punggung terasa menyiksa.

    Kita berdoa untuk kesehatan bersama. Semoga lekas sembuh ya, semua… :)

  60. pandu berkata:

    apa bisa pake jahe+madu untuk penyembuhan?? dan tentunya juga harus jaga pola hidup dan makan….

  61. YUSUF berkata:

    GERD….masalahnya bukan hanya penyakit fisik doang…..”EFEK PSIKISNYA MAS BROOOO…..GA KUAT….!!!!! (harus diobati dokter spesialis gastro sama psikiater atau psikolog juga bisa….) “AYO SAMA2 KITA KATAKAN… SAYA BISA SEMBUH…trmsh

  62. deei berkata:

    Umur saya 22 . saya mengalami gejala2 GERD sudah hampir 3bulan .
    Penyakit yang satu ini langsung menghentikan dunia ku .
    pernah suatu ketika rasanya saya mau mati saat itu juga , jantung berdebar kenceng bgt, dada terasa panas , nafas sesak, mata berkunang2 , ahhh pokonya saya takut bgt sampai keluar kamar teriak .

    Cek ke dokter, semua nya normal , malah di kira saya ada gangguan jiwa, terus sama dokter cuman di beri obat penenang aja !
    seperti yang sudah di saranin di atas saya coba deh obatnya satu2 ,,mudah2an gak ada efek samping yang lebih parah .

  63. Joy berkata:

    Forum ini benar banyak memberikan informasi meskipun hasil interaktif nya tdk berjalan seperti yg di harapkan – semoga forum ini tidak terhenti sampai disini saja – bagi yg sudah mendapat pengalaman2 positip/negatip dari penyakit ini akan banyak menolong penderita GERD lainnya yg belum sembuh dan sangat bermanfaat tentunya (menjadi berkat buat orang lain)… terima kasih teman2 semua yg mau ‘share’ :)

  64. moocen berkata:

    buat temen2 yg pgn share gerd nya bs gabung d Fb GIHM indonesia.

  65. Oik aditiya berkata:

    Mbak mempunyai sakit kayak yg di atas n dh 1thn ku alami… Trus cara ngobatinya gmana.soale menggangu banget n bikin stres

  66. Oik aditiya berkata:

    Mbak mempunyai sakit kayak yg di atas n dh 1thn ku alami… Trus cara ngobatinya gmana.soale menggangu banget n bikin stres,n obatnya apa,n dh segala obat dah ku coba tp g ada hasil.

    • ajip priyadi berkata:

      saya ajip umur 29 tahun saya ngalamin gejala di atas .sampe sa ke dokter cek jantung 2 kali dan tes darah . Hasilnya normal . Saya jadi bingung sakit apa yah

  67. Mae berkata:

    Hello! This is my first visit to your blog!
    We are a group of volunteers and starting a new project in a community in the same
    niche. Your blog provided us valuable information to work on.
    You have done a extraordinary job!

  68. oeoer berkata:

    mksh smua cmnt nya. Sya jdi jelas dan tdk cemas

  69. FLO_29 berkata:

    FLO_29
    orang bilang ini cuma sakit maag biasa, eeiittt jgn anggap remeh apa yg perut rasakan jgn gampang untuk minum sembarang obat…segera periksakan ke dokter spesialis. lakukan tes lab bila perlu lakukan ENDOSCOPI, tidak mudah juga tidak murah tp semakin cepat diketahui penyebabnya akan mempermudah pula untuk poses pengobatan dan penyembuhannya. berdasarkan pengalaman semua berawal karena LIFE STYLE, pola hidup kita dalam mengkonsumsi makanan – minuman, merokok, alkohol, kurang tidur atau istirahat. terutama lagi psikis kita dengan pola hidup yang tidak teratur dan tingkat stress yang tinggi akan lebih memperburuk semuanya. So…mulai sekarang atur lah pola makan lebih baik lagi: 1. asupan makanan apa yang boleh, apa yang tidak. 2. porsi makanan atau jumlah makanan yang di konsumsi. 3. waktu makan, harus diperhatikan benar jam makan di usahakan tepat untuk menghindari terjadinya asam lambung yang berlebihan. Berolahraga kudu wajib selain untuk kesehatan fisik penting untuk menggurangi tinggkat stress, toh sekarang ada car free day bisa ajak keluarga atau teman – teman, berolahraga sambil rekreasi. Untuk sobat semua semoga berhasil, tak lupa juga do’a kepada TUHAN. tidak ada upaya dan usaha tanpa restu dan berkah dariNYA Amiiinnn.

  70. darsih berkata:

    aku menderita penyakit seperti yang kalian derita
    - sakit di uluhati
    - jatung berdebar
    - sesak napas
    - tiba-tiba lemas
    - dada suka sakit
    - sakit kepala seperti vertiga
    - ada yang mangganjal ditenggorakan
    aku berobat di dokter penyakit dalam Dokter Arie Fahrial Syam Rumah sakit islam jakarta
    dikash Lanparazole 30 mg and alcusif 5 mg Alahamdulliah sudah berangsur-angsur membaik
    dan harus jaga pola makan dan pantangannya
    tidak boleh makan coklat,keju,pedas,asam,lemak dan harus berpikir Positif

  71. Mas Hary berkata:

    saya mengalami maslah lambung sudah menahun. tp sekitar pertengahan Desembeer kemarin saya minta dibawa ke rumah sakit, karena panik tiba2 berut nyeri, badan lemes, dan jantung serasa berdebar2 keras. seminggu dirwat, saya pulang, tp msih kontrol terus sampai sebulan lebih. gejalanya, nyeri perut kanan di bawah tulang rusuk, sampai ke dada sebelah kanan, samapai kerongkongan terasa mengganjal, saya tanya ke dokter, belum ada yang pas, sementara ini diagnosanya diypepsia. disampaing itu, sering merasa lemes, dan jantung serasa berdebar-debar. setelah membaca tulisan ini, saya agak tercerahkan. mohon share temen2, apakan kira2 saya juga terkena GERD? sementara ini saya obati lmbung dengan obat ringan dan obat2an herbal, plus penambah stamina. terima ksih buat temen2 yg telah sudi untuk share.

  72. admin berkata:

    sy sudah 2 bln terkena pnykt gerd ini wkt diperiksa kedokter dibilang gejala jantung kemudian sy pindahkedokter lain cuma dikasi obat mag habis obat pykt kambuh lagi. sy mulai dg minum cuka apel yg dilarut kan plus madu dan patuhi pantangan makn coklat,teh,kopi,kol,ubi2an. skarang sdah jauh berkurang baru sy minum 3 hari bdn terasa segar.

  73. admin berkata:

    terimakah pak omri atas info nya cara mengobatii penyakit gerd

  74. amabel berkata:

    wah banyak juga ya yg sakit GERD,lama-lama bisa ke psikomatik,selain gangguan kerongkongan. obat2an spt : ranitidin+omeprazole+antasida spt : impepsa kaga bakalan bikin sembuh,hanya bloger smntara. lalu kombinasi gangguan paniknya (psikisnya) dgn lambung biasanya pakai LIbrax atau braxidin. gangguan sama : panik,napas susah,ulu hati kiri kanan menjalar spt memar,lalu naik ke leher,gigi,kepala belakang,migrain pindah2,kesimbangan tubuh goyah,klo ke dokter selain ke ahli internis sebaiknya ke dokter ahli kejiwaan ( klo mau pakai dokter).klo yg herbal obat nya selain terapi berdoa,sering2 makan pepaya mengkel,minum aja bubuk arang aktif utk sembuhkan radangnya. saya sdh coba semua : herbalife,tahitian noni,juice manggis,kopi radix,madu,jahe,kunyit,temulawak,tepung kanji,tepung sagu aren,tepung beras(gantinya antasida),jelly gammat dan banyaaaakk lagi yg suka ada di iklan2,percuma… yg efektif dan muraaahh adalah pakai arang aktif (spt norit). tulis aja arang aktif di google,anda akan tau dmana belinya,atau bikin sndiri. pola makan sdh pasti hrs di ubah,kalo perih kambuh,cepetan deh minum arang.. klo mau pakai dokter pergilah ke ahli kejiwaan,nnti dikasi terapi buat spy tenang. disaat tenang,gas asam kaga bakalan naik… terserah mau pakai yg mana.gunakan cara terbalik,krn org mikir kita maag,yg diobati dgn sedikit2 makan per 4 jam,coba dibalik : justru jangan makan..diet yang pas,ganti makan sayuran ( jgn kol). bangun tidur minum jeruk nipis (klo perut kosong itu bs buat sembuhkan luka,tp klo perut sdh isi,makan jeruk malah bikin kumat akan berubah jd gas ).banyak2 minum air hangat..

  75. amabel berkata:

    jeruk nipis klo dimakan saat perut ada isi,akan menjadi gas asam.klo mau pakai jeruk nipis hanya saat perut kosong. sendawa2 itu krn katup antara kerongkongan dan lambug sdh less,sdh lemah,msh bagus bisa sendawa atau kentut. GERD ini akan kumat saat perut kosong atau hbs makan. krn pd saat jam2 tertentu gas keluar(kebiasaan secara naluri tanpa diperintah otak),misalnya kita biasa makan jam 7,maka jam tsb akan keluar secara naluri,jika perut kosong maka akan bergesek lambung jdlah luka lambung. klo sdh kena,pd saat hbs makan pun akan kumat,krn gas keluar utk hancurin makanan,tp krn katup sdh lemah,maka naik keatas,ke rongga kerongkongan,lambung pun mengembang memenuhi dada,maka sesaklah napas,jantung berdebar,cemas krn hulu hati tertekan,langsung nyambung dgn otak. pasien GERD gk hrs kurus,bnyk yg gemuk2 justru mudah kena,krn kebiasaan makan malam,sesudah makan gas keluar,lalu org tsb tiduran…maka gas nya merambat ke dada,pelan tp pasti kebiasaan inilah penyebab sakit GERD. maka dianjurkan klo tidur posisi bantalnya di perbanyak,tidurlah arah miring kanan ( spt cara rasul tidur),ternyata tidur spt itu tdk membebankan jantung (yg bersebelahan dgn katup kerongkongan),dan lambung tidak menghimpit jantung.jikak tiba2 anda kena gangguan panik krn ini,segera zikirin atau mengingat2 hal baik,jidat anda yg bagian depan bisa di pukul2 sedikit (spt di totok),spy gas nya keluar tdk menghimpit,itu langsung ke otak dan ulu hati..dijamin mengurangi paniknya(yg dikira mau mati,kena jantunglah,apalah)… saya bukan penjual arang aktif,tp saya sdh coba semua cara,hanya dgn arang tsb bisa berasa perubahan..pokoke pantangan2 yg sdh anda tau itu jgn dimakan : daging alot,cabai pedas(kecuali cabai rawit ditelan bulat2 utk obat radangnya,dulu saya terapi itu,sensasi nya meredakan pernapasan,kan klo kumat napas jd asma),jgn makan kembang kol yg sdh dimasak,makanan keras,jeruk,pisang ambon(pisang yg lain boleh),alkohol,rokok,roti yg ragi2(ada pengembangnya),bakso,somay,kacang,dll. anjuran yg dimakan ; apel,tepung kanji,tepung beras,gandum,nasi merah,beras merah,kedelai susu,kunyahlah banyak2 saat makan utk produki enzim(spt anjuran rasul),jgn makan tll banyak,jgn ngemil….minum bnyk2 air putih. selagi bisa pakai herbal hindari obat kimia…sekali2 terapi bekam atau lintah,lalu sll berpikir positif,jauhi dengki,stres krn kejar keinginan ini itu,mikir tll jauh…dan klo bisa ya yoga tau terapi zikiran.. olah raga teratur tiap pagi minimal senam.

  76. amabel berkata:

    bagi penderita GERD krn dulu kena narkkoba cobalah ke psikater,murah kaga mahal. nnti dikasih terapi frisium (jangan xanax bisa kecanduan hehehe ),klo kg bs tidur,maksimalkan tidur dgn esylgan (hrs diawasi dokter loh). yang paling pas utk obat kimianya ya pakai librak,istilahnya maag stress..atau braxidin,dijamin hilang (sesaat) hehehe. yg penting tenang dulu..setelah tenang cobalah minum bubuk arang aktif,krn arang ini karbon mengikat semua luka racun bakteri virus. dijamin aman. contoh : jika kita minum kunyit,maka air seni akan kuning,tp klo minum arang gak bakalan keluar di air seni,maka aman utk ginjal,tdk masuk ke aliran darah tapi ke feses,justru membersihkan darah dr bekas2 kita minum obat selama ini…obat2an herbal lain otu saya sdh coba semua,kita spt : shoping dokter…kaga bakalan bisa atasi itu GERD.jika mau bersihkan usus(sumber semua penyakit rata2 dr usus),coba sekali2 terapi kolon enema. lihat di youtube. gunakan kopi sbg bahannya.. itu pun bisa membantu seputaran lambung kita… murah meriah bro… saya sdh bnyk keluar uang krn GERDmjustru dgn yg murah meriah bisa alami perubahan ke lbh baik.

  77. ucen berkata:

    2 sendok cuka apel dicampur air satu gelas, insya allah sembuh, selamat mencoba

  78. novie berkata:

    Saya sudah cukup lama mengalami hal seperti ini. Tiba2 dada terasa penuh, bersendawa terus menerus, napas jadi agak sesak, dan sulit untuk makan karena terasa tidak nyaman di tenggorokan dan di dada, perut juga terasa kembung. Saya memang punya maag. Tapi biasanya kalau kambuh hanya terasa sakit di ulu hati dan sedikit mual. Akhirnya saya cari info mengenai kondisi yang saya alami.. ‘Gerd’ itu yang akhirnya saya tahu mengenai penyakit yang saya alami.
    Untuk obat dari resep dokter saya diberi Ranitidin, Omeprazole dan Pankreoflat. Saya selalu sedia obat tersebut di kotak obat. Jika kambuh biasanya saya minum Ranitidin atau Omeprazole. Msg2 1 tablet habis makan, biasanya langsung terasa lebih enak dan nyaman setelah minum obat tsb. Yang penting memang jangan stress.. Karena stress memicu asam lambung.
    Untuk makanan saya lihat kondisi badan aja, kalau lagi fit dan ingin makan pedas atau asam saya makan..karena pada dasarnya saya suka pedas. Saya jarang minum kopi. Kalau lagi ingin paling seminggu 1 atau 2 x saya minum. Kalau lagi perutnya bersahabat fine2 aja.. Tp bisa juga nanti habis minum kopi jadi mual dan terus bersendawa.. So.. Kalau sudah begitu akhirnya 1 jam kemudian minum obat andalan ‘ yang saya sebutkan diatas..’ :-)

  79. i gede bayu segara berkata:

    Obat nya cukup :

    -Mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.
    -Pantang terhadap makanan yang dilarang.
    -Hindari stress ! ! Coba selalu untuk berpikir positf
    -Rajin olahraga, cukup joging setiap pagi. (efektif untuk menghindari stress )
    -Dan tetap semangat dalam menjalani hidup, dari arti yakin kalau kita pasti bisa sembuh.

    -Dan nanti Kalau sudah sembuh, jangan lupa memerhatikan pola hidup kita, jangan sampai penyakit ini bisa datang lagi.

  80. Bagi yang sakit gerd coba deh 2 siung kunyit diparut terus hasil parutannya diperas, biasanya hasil perasannya 1 sendok makan, diminum pagi2x sebelum perut diisi apapun. tunggu 1/2 jam baru bisa isi perutnya dengan air atau makanan. Mudah2x an cepet sembuh ya.

  81. leonardo saputra berkata:

    test

  82. leonardo saputra berkata:

    saya sblmnya tidak mengenal dan tau mengenai penyakit GERD. gejala awal yg saya alami dari awal sejak SMP dan skrg saya udh di usia 33th. awalnya saya selalu pilek tak kunjung sembuh sampe sekarang. dokter tht udh hampir smua saya kunjungi. dan akhirnya saya sempat di ks resep dokter dari singapura berupa motilium dan nexium. stlh itu bbrpa saat saya merasa enakan tp stlh itu kondisi saya kembali lagi spt awal. sekedar info aja saya jg udh cek dan foto polip dan sinusitis saya bersih. yg saya tanyakan apa penyakit saya ini termasuk penyakit GERD ato bukan ya? dan semisal termasuk penyakit GERD kira2 apa yg musti saya lakukan skrg ya? mohon info nya.. karna saya bener2 udh berusaha cari info2 buat bisa sembuh. saya sampe pernah operasi amandel dan operasi luruskan tulang hidung karna sblmnya tulang hidung saya bengkok. yg jd mslh di saya skrg adalah ingus bening tanpa bau yg selalu keluar. yg mana mengakibatkan saya sesak nafas pada saat saya berbicara dgn org.

  83. Purwati berkata:

    saya juga bulan feb lalu terkena GERD, skarng alhamdulilah sdh mendingan tp kadang dada memang sesekali suka sesak tp tidak sprt dulu, td nya aku msh minum obat dokter tp takut efeknya di kemudian hari, skrang ini lg terapi pake cuka apel alhamdulilah sudah mendingan

  84. bekasi berkata:

    sudah hampir sebulan saya mengalami awalnya memang faktor kcapaian n stres pekerjaan hampir saja saya menyerah tapi berkat dukungan keluarga n buah hati aku mencoba melawan penyakit gerd tersebut memang sangat menyiksa saya paham n dapat memahami apa yang di rasakan para penderita gerd sampai sekarng saya masih terapi omeprazole bukan 20mg tapi 40mg x 2 perhari memang harus sabar butuh waktu 4sampai 8 minggu
    semangat by edy 02135932227

  85. Danie berkata:

    Wah ternyata banyak yg mengalami hal yg sama, malam ini sy malah tidak bisa tidur,terasa tidak nyaman di perut. Dan ada ganjalan di kerongkongan. Sudah beberapa kali ke Internist dan smp ke UgD krn keluhan sesak nafas, dada sakit,punggung pegal dan selalu bersendawa. Cek EKG normal, cek darah normal, dan sbulan lalu UsG hasilnya ada pnebalan kulit lambung, dan unt lebig memastikan tingkat kelainan lambung disarankan endoskofi tp blom sempat. ahirnya dokter kasi sy lansoprazole. Gejala ini lebih berat saat datang bulan spt saat ini,pdhal tidak lapar tp perut panas dan bunyi terus. Apa lansoprazole 30mg bisa diminum sebelum tidur spt saat ini? Thanks

  86. Goja berkata:

    Bismillah, Sy udah 1bln menderita sampe spt org stres, tp skrg udah alhamdulillah 95% sembuh.

  87. amelia berkata:

    Salam
    wah ternyata banyak yg merasa sama seperti gejala yg saya rasa. Semua gejala di atas hampir sama tapi klo saya ditambah kekurangan kalsium. bulan lalu Sempat karena perut kembung dan dipaksa makan, pengap luar biasa sampe keram sebadan2. Saya pikir kena serangan jantung atau apa lah gtu. Setelah tau kurang kalsium akhirnya saya dikasih obat kalsium tapi gejala2 tersebuh ga ilang2, keram2 kecil juga suka kerasa(biasanya di tangan) tapi ga separah sebulan lalu itu. Keram kecil biasanya klo udh pengap banget ditambah sempoyongan.
    GERD bisa sembuh tanpa obat berbahan kimia kah? karena saya udh banyak minum obt2an takut malah mengganggu organ lain. Apa obat alami menyembuhkan GERD?

    Mohon infonya.
    thanks

  88. dwi berkata:

    salam
    mbak, saya jg mengalami keluhan seperti:
    kerongkongan terasa terganjal, suka sendawa, kadang angin yang keluar terasa asam/perih, terasa tersiksa kalau gk bisa sendawa. pernah periksa ke dokter katanya asam lambungnya banyak dan sdh naik ke atas…yang jadi masalah skarang saya lagi hamil, dan sy gak berani untuk mnum obat-obatan resep dokter….mohon sarannya kalau ada yang bisa membantu…obat herbal yang bisa di konsumsi untuk ibu hamil apa, boleh share di email sy adriyanidwi@yahoo.co.id

  89. neswy berkata:

    Saya bisa merasakan semua yg kawan”rasakan akibat GERD.sekitar 2 th yg lalu sy jg penderita GERD yg sgt parah sampe hrs bolak balik dilarikan ke rmh sakit krn serangan sesak napas.semua serba salah,makan kekenyangan salah,dikurangin salah,kerongkongan spt diganjel lendir,tengkuk tegang,mulut pahit,jantung berdebar spt mau mati rasanya.awalnya sy gak tahu sy tkena gerd,di rmh sakit jantung,paru”,darah sy diperiksa,smua ok.singkat cerita akhirnya diketahui sy terkena gerd yg sdh sgt parah krn sdh sgt sulit bnafas bahkan dibantu obat minumpun tidak ada berkurang.perlu temsn”ktahui sesak nafas krn gerd tdk bisa ditolong dg oksigen krn permasalahannya bukan pd paru kt tp naiknya asam dr lambung ke paru(tjd refluks/arus balik ).sy bolak balik opname,terus ditopang obat”an omeprazole,mucosta,sirup utk dyspepsia,dg pantang mkn yg cukup byk yg intinya sy cm aman makan bubur dg kuah sayur,berat bdn sy turun drastis krn byknya pantanga&stres krn penyakit ini membunuh semangat sy,sy trs bdoa&browsing iternet utk mcari info obat”an tp smua dicoba hasilnya nihilbrp bln kmd Tuhan jwb oa sy dg mengirimkan kerabat yg membawa sebotol jus buah.awalnya sy ragu krn rasanya yg asam. Ternyata di mlm itu sy minum jus tsb,utk pertama kalinya sy tertidur dg pulas tanpa sesak nafas,esoknya sy bs bangkit dr tempat tdr baktifitas ringan tanpa tganggu dg sessk nafas&msh byk lg kesembuhan yg sy peroleh hingga sekarang sy terbebas dr GERD!bg yg mau coba dg jus tsb silahkan hub sy di 081377182429

  90. santy mardiani berkata:

    saya baru 2 minggu d vonis juga kena penyakit ini..
    gejala* sama yg sering saya rasakan selama hampir 4 bulan,..
    alhasil dokter menyarankan saya untuk berhenti kerja dan istirahat total..
    umur saya yang terhitung baru 17 tahun bikin dokter yang menangani saya kewalahan..
    karna penyakit saya ini yg susah d tebak sampai akhir.a 2x pemeriksaan saya positif menderita GRED ini..
    aturan dokter bikin saya terpuruk apalagi saat saya d sarankan untuk keluar kerja karna pekerjaan saya dan jam kerja saya, yang terhitung 12 jam..
    tak ada istirahat untuk saya dengan pekerjaan saya ini kata dokter..

    tapi saat saya baca blog ini, dan semangat kalian untuk sembuh saya langsung bertanya kepada diri saya sendiri..
    kenapa tidak dengan saya..??

    terimakasih untuk yg nulis blog ini sangat bermanfaat…:-)
    semangat semua..:-)

  91. Heena Park berkata:

    akhir-akhir ini saya juga merasakan hal tsb. Saya curiga kalau saya terkena Gerd :(

  92. fauzan zanou berkata:

    Terima kasih teman2 yg sudah berbagi pengalaman atas penyakit GERD ini…gw mengalami hampir smua yg dituliskan dia atas…gw pikir cuma masuk angin,gw pekerja malam…tp kok gak ilang2 udah 3 bulan gw rasain…yg paling mengganggu adalah terasa ada yg mengganjal di tenggorokan jd gw hampir tiap detik dehem2 tuk bisa bernafas lega…temen gw dokter pernah bilang klo yg gw alamin adalah GERD….tp blum gw cek ke dokter…setelah gw nemu artikel ini…semakin besar keyakinan gw bahwa temen gw benar gw kena GERD….

    Anyway,besok gw coba ke dokter boas cikini…dan gw coba obat2 yg kalian udah tuliskan diatas…sekali lagi terima kasih banyak atas kemurahan hati kalian tuk berbagi pengalaman ini…semoga Allah menyembuhkan penyakit GERD ini dan senantiasa menjaga kita…amiiinnn

  93. amir mahmud berkata:

    Saya juga mengalami sakit yg kalian rasakan, sudah hampir 3 bulan saya merasakannya,, punggung, telapak kaki dan telapak tangan terasa panas,, dada terasa panas,, kadang mual, sesak nafas , apalagi dalam keadaan dingin, sungguh menyiksa sakit ku ini,, sudah berobat kemana mana , belum ada perubahan yang signifikan,, sekarang saya sedang mencoba pengobatan alternatif, lumayan menguras kantong sih pi alhamdullilah udah mendingan,, tapi yg saya rasakan saat ini adalah badan mudah cape,, lemes,, kadang gelisah! yg sudah sembuh total tolong share ya,, 085692598926

  94. anwar berkata:

    Buat teman-teman semuanya….,penyakit ada obatnya kt semua harus yakin dan semangat buat sembuh..,kt harus selalu ikhtiar dan do’a..semangat yakin untuk sembuh….!

  95. INA berkata:

    hi, saya juga mengalami beberapa gejala yang sama. saya memang mempunyai maag, tapi sejak akhir tahun 2012 saya sering merasakan tenggorokan saya seperti ada yang mengganjal, tapi tidak sakit/perih. sebelumnya saya kena tipes yang parah akhir tahun 2011, setelah itu maag saya sering kambuh, perut/ulu hati sering terasa nyeri, mual, kembung, pusing bagian leher dan kepala belakang. pokoknya sangat2 mengganggu aktifitas, hingga saya memutuskan berhenti kerja dan istirahat dulu sebentarr sambil liburan karena ada yg bilang saya terlalu cape dan stres. tapi selama istirahat dr awal tahun 2013 saya malah sering sakit, diem dirumah saja kadang terasa mual, kembung, dan nyeri apalagi kalau dbawa jalan-jalan, contohnya k mall deh kan menyebalkan sekali lagi jalan-jalan mau senang-senang tp perut mual, kembung dan pusing heheh.
    saya sudah bolak balik internis dr awal 2013, selain tenggorokan mengganjal sekitar awal april saya merasa dada saya seperti engap atau napas terasa pendek, aduh saya mikir sakit apalagi saya. dan pinggang/perut atas saya yg sebelah kanan (dbawah tulang rusuk) suka terasa seperti kram apalagi klo terlalu lama duduk membungkuk depan laptop huhu. seperti komplikasi rasanya. dan akhir april saya masuk ugd dan positif tipes lagi.
    gejalanya berarti sampai sekarang adalah nyeri ulu hati, mual, pusing, tenggorokan mengganjal, dada engap (dan sekarang kadang nyeri seperti dsayat2 tapi tidak sampai terasa terbakar sih), dan pinggang kanan sering kram/terasa sakit. saya besok baru mau k dokter dg spesialis pencernaan mudah2an dia bisa kasih jawaban saya sakit apa krn sebelum-sebelumnya cuma diagnosa maag.

    saya senang ada blog ini, saya juga sama merasa putus asa seperti g bisa melakukan apa2 karena dikit2 kambuh dan sangat mengganggu aktifitas. saya sekarang rajin minum rebusan air sirsak atau rebusan kunyit, lumayan enak dbadan untuk perutnya sekarang. semoga kita semua selalu sehat. AMIN

    terimakasih

  96. Novan berkata:

    Alhamdulillah! ternyata tidak saya saja yang terjangkit penyakit ini…
    1. leher seperti tercekik setelah makan
    2. leher tegang setelah 10 menit setelah makan
    3. sendawa tiada henti, pas sendawa perasaan tercekik hilang, timbul lagi setelah 3 menit
    4. dada kiri pegal, hilang apabila sendawa
    5. kadang pusing dan kunang kunang (mungkin akibat dari tercekiknya itu, kurang oxigen kali yaa???)

    jantung saya sehat( cek sampai treadmill), paru2 sehat (cek oxigen)….dan ternyata GERD menyerang hidup saya….

    saya diberikan Pantozole, lumayan mendingan, tapi kambuh lagi setelah saya tidak menjaga makan….hampir sembuh dengan mengkonsumsi rebusan bonggol kunyit…tapi kambuh lagi karena tidak menjaga makan….

    dan setelah saya liat di cerita kawan2 diatas ternyata faktor stress dan pola makan yang menyebabkan penyakit ini…saya akan coba mengikuti anjuran kawan2 yang sudah sembuh

    Terima kasih

  97. Anto berkata:

    Mbak saya baru satu minggu ini kalau makan rasanya kenyang terus, kadang dada kiri mudah sakit, sendawa sering banget, dan dibawah ketiak sama dadi kadang gerak2 sendiri ototnya.

  98. anna berkata:

    sama saya juga punya keluan yg sama sdh 9 bln saya kedapetan penyakit anehhhhh ini ,bahkan kalo salah minum obat kaya orang mabok n badan ga karuan,dada panas kadang sesak,tulang belakang sakit pokoknya yg dirasa byk deh….udah cek darah,endoskopi,usgrekam jantung semua normal cuma lambung mengalami peradangan….aq takut minum obt dokter soalnya 2 minggu berturut2 minum obt dokter tiba2 badan panas n keluar keringat panas,bagi temen2 yg tahu pengobatan yg bagus pleace kasih tahu ya…..

  99. Xander berkata:

    Penyakit ini memang menyebalkan…sejak pertama kena serangannya Juni 2011 (dan salah dianosis waktu itu, sampe rawat inap 4hr 3mlm dibilang typus, bgitu bangkit dari tempat tdr mau beberes pulang langsung kambuh lagi..tapi bodo amat tetep pulang sambil telepon dokter yg juga teman gereja di Bali..eh katanya GERD). Total udah belasan dokter yang kudatangi untuk masalah ini: 4 dokter di Bali (dr Umum, Saraf, Internist & THT), 1 di Bogor (dr Suksmono di Karya Bhakti), di JKT ada dr Benny di RS Pluit – dr Janto, dr Hardianto, dr Kandi & dr Hanafi di RS Siloam KJ, dr Prof Lesmana di Medistra, dr Prof Daldiyono di St Caroulus, dr Lucky Kartadinata di Kelapa Gading, tim dr Medical Check Up di RS Jakarta…kayanya itu deh yang kuinget. Itu belum termasuk coba herbal semacam Xamthone, High Desert, Tasly, Nature’s Bounty. Belum termasuk suka ke Pramita LAB sendiri berkali-kali karena penasaran kenapa dan coba test ini dan itu klo sudah merasa gawat. Dan yang menyebalkan adalah…meskipun dokternya udah canggih pake USG..setiap kali ke dokter tetep hasilnya ya itu2 juga..GERD yang merupakan salah satu penyakit Dyspepsia. Dan lagi2 akan pulang dengan obat yang itu2 juga. Masalahnya adalah begitu enakan dikit, ternyata memang lambung udah gak bisa kompromi klo mulai hidup ngenak lagi, jadi gaklama setelah oba abis akan kambuh dan kambuh lagi. Begitulah kira2 & itu berlangsung sampai detik ini :”((

    Satu2nya saran dokter yang belum dilakukan cuma…OLAHRAGA..:”(((

  100. taufiQ berkata:

    jika seseorang sudah sembuh dengan penyakit gerd itu, dan jangan sampai penyakit itu datang lagi ke kita gimana caranya. tolong di beri penjelasan nya.

  101. Hey there! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and starting a new initiative in a
    community in the same niche. Your blog provided us useful information
    to work on. You have done a marvellous job!

  102. JEFF berkata:

    GERD NGK BISA SEMBUH KECUALI DI BEDAH ………….

  103. Ackbar berkata:

    Sebaik nya Sakit GERD itu di Di share Kan dan Biasanya orang yang sakit GERD kejiwaan nya juga terganggu Mudah Stres, Sering Mumet, Ingat Mati. Takut TErkena penyakit yang Ganas akhirnya hal itu memperburuk Sakit yg dideritanya saya juga ngalamin soal nya hihihihihihi 081382213420 Ackbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s